Giga Fuel Cell Akan Meluncur Tahun 2027, Terus Diuji di Jepang
Reporter: Gooto.com
Editor: Kusnadi Chahyono
Kamis, 28 Desember 2023 08:36 WIB
Isuzu dan Honda akan memperkenalkan Giga Fuel Cell ke pasar pada tahun 2027. Adapun sejauh ini pengetesan akan terus dilakukan di jalan hingga September 2024. (Foto: Isuzu/Honda)
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, JakartaTruk Giga Fuel Cell hasil pengembangan Isuzu Motors Limited dan Honda Motor Co., Ltd. tengah melakukan percobaan di jalan raya Jepang pada bulan Desember 2023. Wilayah yang dipakai adalah area Kanto yakni di Tochigi, Saitama, Tokyo, dan Kanagawa prefectures.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Sedianya baik Isuzu dan Honda akan memperkenalkan Giga Fuel Cell ke pasar pada tahun 2027. Adapun sejauh ini pengetesan akan terus dilakukan di jalan hingga September 2024. Kedua perusahaan akan terus mengumpulkan data, melihat perkembangan dan mengidentifikasi kendala teknis saat perjalanan.

Model prototipe Giga Fuel Cell ini adalah konsep truk heavy-duty fuel cell yang sempat dipamerkan oleh Isuzu Group di Japan Mobility Show 2023.

Melalui kerja sama antara Isuzu Logistics Co., Ltd. dan Honda Logistics Inc., masing-masing perusahaan logistik dari Isuzu Group dan Honda Group, uji demonstrasi Giga Fuel Cell akan dilakukan di jalan umum di Jepang untuk memverifikasi potensi kendaraan tersebut. pemanfaatan bahan bakar hidrogen dan kepraktisan truk fuel cell.

Isuzu dan Honda percaya bahwa teknologi fuel cell yang memanfaatkan hidrogen sebagai bahan bakar sehingga tidak menghasilkan emisi CO2, akan efektif untuk mencapai netralitas karbon di truk heavy duty yang diperlukan untuk mencapai transportasi efisiensi tinggi (dengan kemampuan mengemudi jarak jauh, truk besar kapasitas muat, pengisian bahan bakar cepat). 

Sejak penandatanganan perjanjian pada bulan Januari 2020 untuk melakukan penelitian bersama pada truk tugas berat bertenaga fuel cell, kedua perusahaan telah melakukan verifikasi kompatibilitas sistem fuel cell dan truk heavy duty serta pembentukan divisi untuk teknologi dasar seperti teknologi pengendalian kendaraan. 

Kedua perusahaan berencana untuk memperkenalkan model produksi ke pasar pada tahun 2027 dengan memanfaatkan sepenuhnya teknologi, pengalaman, dan pengetahuan yang diperoleh melalui penelitian bersama.

Spesifikasi Giga Fuel Cell 

 Kendaraan

 Basis kendaraan

 CYJ77C-WXLow deck 8x4 rigid truck

 Total PxLxT

 11.980mm x 2.490mm x 3.770mm

 Total bobot kendaraan

 25 ton

 FC Stack

 Type

 Solid polymer (Honda FC Stack)

 Output

 103kW×4

 High-pressure hydrogen system

 Filling pressure

 70MPa

 Kapaistas Hydrogen 

 56kg

 Motor

 Type

 AC synchronous electric motor

 Rated output

 320kW

 High-voltage battery

 Type

 Lithium-ion battery

 Jarak tempuh

 

 Lebih dari 800km(Isuzu validation mode)

 Fitur lain

 External Power Output Port

 2 ports (CHAdeMO connector)Maximum power supply: 530kWh

Pilihan Editor: Isuzu Gandeng Honda Kembangkan Truk Fuel Cell

Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di grup Telegram pilih grup GoOto

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi