Isuzu dan Honda akan Pamerkan Truk Hidrogen di Japan Mobility Show 2023
Reporter: Gooto.com
Editor: Kusnadi Chahyono
Selasa, 17 Oktober 2023 16:00 WIB
Honda pasok baterai dan sistem hidrogen ke Isuzu Giga Fuel Cell. (Foto: Isuzu)
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, Jakarta - Isuzu Motors Limited dan Honda Motor Co., Ltd. hari ini mengumumkan bahwa mereka akan memamerkan GIGA FUEL CELL, truk heavy-duty andalkan sel bahan bakar/ fuel cell (FC) yang saat ini sedang dikembangkan bersama oleh kedua perusahaan. Dapat dilihat langsung di stan Isuzu Group di Japan Mobility Show 2023. 

Ini akan menjadi pertama kalinya GIGA FUEL CELL ditampilkan ke masyarakat umum. Japan Mobility Show akan diadakan mulai, 25 Oktober hingga Minggu, 5 November 2023 di Tokyo Big Sight, Tokyo Jepang.

Isuzu dan Honda percaya bahwa teknologi FC yang memanfaatkan hidrogen sebagai bahan bakar sehingga tidak menghasilkan emisi CO2, akan efektif untuk mencapai netralitas karbon pada truk tugas berat yang diperlukan untuk mencapai transportasi efisiensi tinggi (dengan kemampuan mengemudi jarak jauh, truk besar kapasitas muat, pengisian bahan bakar cepat).

Sejak penandatanganan perjanjian pada bulan Januari 2020 untuk melakukan penelitian bersama pada truk heavy-duty bersumber dari FC, kedua perusahaan telah melakukan verifikasi kompatibilitas sistem FC dan truk heavy-duty serta pembentukan perusahaan untuk teknologi dasar seperti teknologi pengendalian kendaraan.

Kedua perusahaan saat ini berencana memulai uji demonstrasi model prototipe di jalan umum sebelum akhir tahun fiskal berjalan (berakhir pada 31 Maret 2024) dan memperkenalkan model produksi ke pasar pada tahun 2027 dengan memanfaatkan sepenuhnya teknologi, pengalaman dan pengetahuan yang diperoleh melalui penelitian bersama.

Model GIGA FUEL CELL yang dipamerkan di Japan Mobility Show mengadopsi konfigurasi truk kaku Lowdeck 8x4, yang merupakan konfigurasi khas truk yang digunakan untuk transportasi antar kota. Jangkauannya lebih dari 800 km/500 mil (mode validasi Isuzu) menjadikan GIGA FUEL CELL truk tugas berat tanpa emisi dengan kepraktisan sejati.

Selain itu, GIGA FUEL CELL dilengkapi dengan fungsi keluaran daya eksternal, sehingga dapat memanfaatkan kapasitas energinya yang besar dan unik hanya untuk kendaraan FC, yang menggunakan hidrogen sebagai bahan bakarnya, dan berfungsi sebagai “pembangkit listrik bergerak” sesuai kebutuhan, seperti pada saat terjadi bencana.

Dalam rangka rencana peluncuran truk tugas berat bertenaga FC pada tahun 2027, kedua perusahaan akan terus membuat kemajuan dalam pengembangan produk yang memenuhi kinerja dan kondisi yang diperlukan untuk truk tugas berat serta memuaskan pelanggan.

Pilihan Editor: Hino Pamerkan Truk Listrik di Japan Mobility Show 2023

Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di grup Telegram GoOto.

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi