Cruise Origins Angkutan Umum Otonom Masa Depan di Jepang
Reporter: Gooto.com
Editor: Kusnadi Chahyono
Jumat, 20 Oktober 2023 07:42 WIB
Cruise Origins dapat menjemput dan mengantar ke lokasi pengguna sesuai titik akurat. (Foto: Honda)
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, JakartaCruise, General Motors Company (GM), dan Honda Motor Co., Ltd. (Honda) mengabarkan telah menyiapkan kendaraan angkutan umum otonom untuk masa depan. Penampilan perdana akan ditampilkan di Japan Mobility Show 2023, 25 Oktober-5 November.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Memorandum of Understanding telah disepakati untuk membentuk sebuah perusahaan yang bertanggung jawab untuk keberlangsung mobil angkutan umum swa-kemudi ini. Tiga perusahaan tersebut yakni Cruise, GM, dan Honda paling cepat mengumumkan perusahaannya pada semester awal tahun 2024.

Sedianya kendaraan angkutan umum perkotaan ini akan melayani masyarakat di Jepang pada tahun 2026. Pengguna cukup menggunakan aplikasi untuk memesan jasa tumpangan dan pembayaran sesuai dengan lokasi penjemputan yang ditetapkan oleh pengguna hingga diantar ke tempat tujuan.

Cruise Origins hasil kerjasama antara Cruise, General Motors Company (GM), dan Honda Motor Co., Ltd. (Honda). (Foto: Honda)

Sebagai informasi, Cruise Origins merupakan kendaraan swa kemudi, tanpa jok pengendara serta lingkar kemudi. Menghadirkan ruang lega sehingga bisa digunakan sebagai kendaraan pribadi serta membawa enam orang sekaligus dan bisa diposisikan duduk berhadapan.

Pengalaman berkendara ini akan menjadi pertama kali ditawarkan kepada masyarakat di Jepang, terutama di pusat kota Tokyo, Jepang pada tahun 2026. Tahap awal layanan Cruise Origins ini akan melibatkan lusinan kendaraan, kemudian meluas hingga mencapai 500 kendaraan.

Cruise, General Motors Company (GM), dan Honda Motor Co., Ltd. (Honda) ke depannya juga berencana untuk memperluas pelayanan hingga ke luar Tokyo.

Dengan adanya Cruise Origins ini memungkinkan menjawab kendala di Jepang akan terbatasnya sumber daya pengemudi taksi dan juga bus. Guna memperkuat koordinasi serta kolaborasi antara perusahaan gabungan ini, akan melibatkan pula para stakeholders, termasuk pemerintah daerah dan penyedia layanan transportasi.

Kyle Vogt, Founder and CEO of Cruise mengatakan dalam rilisnya bahwa Honda telah menjadi rekanan utama Cruise sejak lama. “Kami ingin menyajikan keselamatan dan transportasi yang mudah didapatkan konsumen di Tokyo. Segala upaya kami memenuhi pasar di Amerika Serikat menjadikan kami kesempatan besar untuk mobil otonom di Jepang,” kata dia.

Cruise Origins bisa disesuaikan posisi duduk untuk saling berhadapan, maksimal enam penumpang. (Foto: Honda)

Sementara itu Mary Barra, Chair and CEO General Motors mengungkapkan bahwa GM selalu berinvestasi untuk mewujudkan transportasi masa depan dan hal itu terwujud hari ini. “Keuntungan dari Autonomous Vehicle adalah hal keselamatan dan kemudahan yang sangat disayangkan untuk dilewatkan dengan rekanan seperti Cruise dan Honda, kita membawa inovasi yang lebih jauh dengan suguhkan pengalaman kami di software dan hardware untuk membantu masyarakat akan kebutuhan transportasi,” ujar dia.

Toshihiro Mibe, Global CEO of Honda juga mengabarkan informasi kendaraan umum swa kemudi ini mewujudkan ‘joy and freedom of mobility’. “Melalui layanan kendaraan tanpa supir, kita mempersilakan konsumen di Jepang untuk mendapatkan pengalaman menikmati mobilitas,” kata dia.

Ditambahkan oleh Toshihiro Mibe bahwa langkah ini sebagai realisasi kendaraan andalan masyarakat. “Memberikan layanan di pusat kota Tokyo di mana kemacetannya sangat parah akan menjadi tantangan yang besar, bagaimanapun juga dengan keterlibatan Cruise dan GM, Honda akan mendorong lebih jauh untuk segera mewujudkannya,” kata dia.

Pilihan Editor: 

Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di grup Telegram GoOto.

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi