Angkutan Umum Bakal Dioptimalkan Selama Gelaran MotoGP Mandalika
Reporter: Antara
Editor: Rafif Rahedian
Selasa, 1 Maret 2022 16:58 WIB
Foto udara tikungan ke-10 di Sirkuit Mandalika (Pertamina Mandalika International Street Circuit) di KEK Mandalika, Kuta, Kecamatan Pujut, Praya, Lombok Tengah, NTB. ANTARA FOTO/Ahmad Subaidi/tom.

GOOTO.COM, Jakarta - Armada angkutan umum nantinya bakal lebih dioptimalkan selama gelaran MotoGP Mandalika pada 18-20 Maret 2022. Langkah tersebut diambil untuk mengatasi masalah kemacetan di sekitar Sirkuit Mandalika.

Hal itu dibenarkan langsung oleh Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan (Kemenhub) Budi Setiyadi saat menghadiri konferensi pers hari ini, Selasa, 1 Maret 2022. Dalam acara tersebut, beberapa pihak telah menyiapkan skema untuk menyukseskan MotoGP Mandalika.

"Angkutan umum ini akan jadi backbone utama transportasi yang ada di Mataram sampai kawasan, terutama pada saat kegiatan MotoGP," ujar Budi Setiyadi seperti dikutip Gooto.com dari situs berita Antara.

Lebih lanjut, Budi juga menjelaskan bahwa pihaknya telah mengatur rekayasa lalu lintas untuk memperlancar perjalanan. Tak hanya itu, Kemenhub juga bakal mendukung kuantitas armada angkutan umum selama gelaran MotoGP Indonesia.

"Kita atur supaya ada shifting, utamanya penonton, untuk menggunakan angkutan umum sebagai transportasi ke dalam lokasi di MotoGP Mandalika," ucap dia menambahkan.

Kemenhub sendiri, kata Budi, telah menyiapkan 278 unit bus bantuan selama ajang MotoGP Indonesia. Beberapa kendaraan itu di antaranya adalah 27 unit bus besar, 70 unit bus sedang dan 181 unit bus kecil.

Sejumlah transportasi tersebut nantinya bakal bertugas mengangkut penonton MotoGP Mandalika dari wilayah Pelabuhan Gilimas, Pelabuhan Lembar, Pelabuhan Bangsal, Pelabuhan Kayangan, dan pusat kota Mataram (ex Bandara Selaparang) BIZAM. Tak hanya itu, pemerintah juga bakal menyediakan 184 unit shuttle bus di sekitar Sirkuit Mandalika.

"Angkutan utama untuk mobilitas penonton adalah angkutan umum, dengan harapan akan terjadi keseimbangan terutama kalau masyarakat meninggalkan kendaraan pribadi. Sehingga kemacetan yang berpotensi terjadi bisa kita hindari," tutup dia.

Baca: Volvo dan VW Tangguhkan Ekspor ke Rusia Akibat Konflik dengan Ukraina

ANTARA

Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di grup Telegram GoOto.

#MotoGP Mandalika
#Angkutan Umum
#MotoGP Indonesia
#Sirkuit Mandalika
#Kemenhub

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi