Nissan Hyper Force Bisa Jadi Mobil Balap Listrik
Reporter: Gooto.com
Editor: Kusnadi Chahyono
Kamis, 26 Oktober 2023 15:22 WIB
Nissan Hyper Force. (Foto: Nissan)
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, JakartaDi Japan Mobility Show 2023, Nissan meluncurkan Nissan Hyper Force, penutup dari rangkaian lima kendaraan konsep "hiper" yang inovatif. Satu konsep EV yang diumumkan setiap minggu sejak tanggal 3 Oktober menjelang pameran 25 Oktober, Nissan menunjukkan kemampuannya dalam membayangkan beragam kebutuhan dan gaya hidup pelanggan di masa depan, serta memperkaya kehidupan masyarakat dengan inovasi dan kegembiraan.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Presiden dan CEO Nissan Makoto Uchida mengatakan: "Kelima mobil konsep yang dipamerkan hari ini adalah simbol masa depan dan mewujudkan semangat pendiri kami untuk `berani melakukan apa yang tidak dilakukan orang lain’.” 

Makoto Uchida menambahkan perihal keunggulan Nissan Hyper Force, “Kami telah memajukan inovasi kendaraan listrik kami, melampaui mobilitas untuk menciptakan dunia yang lebih berkelanjutan. Kendaraan listrik melambangkan masa depan kita dalam menciptakan dunia yang lebih bersih, aman, dan inklusif bagi semua orang tanpa mengorbankan hasrat dan impian. Melalui kekuatan inovasi, Nissan menciptakan masa depan di mana setiap orang dapat menikmati kegembiraan mobilitas."

Nissan Hyper Force. (Foto: Nissan)

Ini adalah supercar berperforma tinggi serba listrik yang bertujuan untuk memberikan kenikmatan berkendara terbaik sekaligus menawarkan ramah lingkungan dan kenyamanan untuk penggunaan sehari-hari dan bisa juga menjadi mobil balap listrik.

Intinya adalah powertrain listrik Nissan Hyper Force beroutput tinggi dengan baterai solid-state penyeimbang berat optimal yang dapat menghasilkan output hingga 1.000 kW dengan akselerasi yang presisi dan cepat. Downforce yang tinggi, kemasan canggih dari teknologi kontrol roda e-4ORCE Nissan, dan bodi ringan yang menampilkan karbon berkekuatan tinggi menjanjikan peningkatan menikung dan penanganan luar biasa di sirkuit dan jalan berliku.

Eksteriornya hadirkan performa aerodinamis tinggi, yang dikembangkan bersama dengan tim balap NISMO, menghasilkan downforce yang bertenaga. Struktur aerodinamis dua tingkat di bawah kap depan menghasilkan downforce yang kuat dan performa pendinginan yang tinggi. Sementara itu, diffuser belakang dua tingkat mengontrol aliran udara secara optimal. 

Sedangkan winglet depan, flip fender depan, dan kedua ujung sayap belakang menampilkan fungsi aero aktif yang unik, sementara aktuator plasma yang baru dikembangkan menekan pelepasan udara untuk memaksimalkan cengkeraman dan meminimalkan pengangkatan roda bagian dalam saat menikung. peleg ringan forged carbon yang ringan membantu aerodinamis dan pendinginan rem.

Nissan Hyper Force. (Foto: Nissan)

Konsep ini memiliki dua mode berkendara, "R" (balap) dan "GT" (grand touring). Interface pengguna grafis berubah warna dan tampilan sesuai dengan mode, dan dirancang untuk langsung menampilkan informasi yang paling dibutuhkan pengemudi sesuai dengan kondisi mengemudi. Grafik ini merupakan hasil kolaborasi dengan Polyphony Digital Inc.

Menggunakan mode R, kabin Nissan Hyper Force menyala dengan warna merah dan menciptakan kokpit intuitif yang berpusat di sekitar pengemudi untuk mendukung konsentrasi. Panel di dasbor memanjang ke arah ruang duduk untuk meningkatkan nuansa kokpit di sekitar pengemudi. Sementara itu, empat layar satelit di sekitar lingkar kemudi menampilkan cengkeraman dan suhu ban, tekanan udara, suhu rotor rem, distribusi tenaga, dan informasi lain yang sangat berharga untuk balapan.

Gunakan mode GT, kabin menyala dengan warna biru dan layar di sekitar roda kemudi menjauh dan menyatu, memberikan pengalaman imersif dengan interface infotainment yang lebih sederhana, termasuk pengaturan AC, audio, suspensi, dan stabilizer, untuk kenyamanan berkendara. Suspensi dan stabilisator telah dirancang sebagai yang pertama di dunia yang dapat dengan mudah dioperasikan di layar saat berkendara.

Nissan Hyper Force menjadi konsep kelima di Japan mobility Show 2023. (Foto: Nissan)

Jok pengemudi dan penumpang depan Nissan Hyper Force terbuat dari serat karbon yang ringan dan sangat kaku sehingga memungkinkan kenyamanan berkendara jarak jauh, dan dilengkapi dengan sabuk pengaman empat titik.

Nissan memahami keselamatan memainkan peran penting dalam persamaan mobil konsep ini. Berkat penggerak otonom canggih dengan hyper LIDAR dan serangkaian sensor yang disesuaikan untuk berkendara sport, kendaraan ini dirancang untuk memastikan tingkat keselamatan yang tinggi baik di jalan umum maupun di sirkuit.

Pilihan Editor: Nissan Hyper Punk akan Tampilkan Wujud di Japan Mobility Show 2023

Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di grup Telegram GoOto.

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi