Menperin Siapkan Aturan Standarisasi Baterai Motor Listrik
Reporter: Gooto.com
Editor: Kusnadi Chahyono
Jumat, 29 Desember 2023 17:02 WIB
Stasiun tukar baterai motor listrik Honda. Foto: Honda
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, JakartaMulai Januari 2024 Kementerian Perindustrian akan mengeluarkan aturan untuk standarisasi baterai motor listrik yang dijual di Indonesia. Hal tersebut ditegaskan Menteri Perindustrian (Menperin) Agus Gumiwang, di Bali, Kamis Malam, 28 Desember 2023.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

“Akan ada sebuah terobosan besar mengenai standarisasi baterai untuk motor listrik, mudah-mudahan,” ujar Agus Gumiwang.

Adapun Agus Gumiwang mengungkapkan bahwa standarisasi baterai motor listrik penting dilakukan agar terjadi keseragaman di seluruh Indonesia. Standarisasi baterai motor listrik dapat melakukan pengisian daya di berbagai Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU).

“Sehingga pengendara motor listrik dari Aceh, dia bisa nyaman berkendara listriknya sampai Papua, karena apa? Karena dia yakin bahwa substation yang ada di dalam perjalanannya itu menyediakan standar yang sama, tidak hanya untuk satu merek tertentu,” yakin Agus Gumiwang.

Agus menyampaikan, standardisasi baterai motor listrik harus dilihat berdasarkan apa yang menjadi kebutuhan para pengguna, bukan dari hasil keputusan sebuah organisasi di tingkat atas.

Lebih lanjut, Agus mengatakan bahwa Direktorat Jenderal Industri Logam, Mesin, Alat Transportasi dan Elektronika Kemenperin akan berkoordinasi dengan berbagai pihak terkait, termasuk juga bersama PT PLN.

"(Ditjen) ILMATE terus-menerus melakukan pembicaraan, diskusi, dialog dengan berbagai pihak, khususnya di sini adalah dengan industri penghasil motor listrik itu sendiri, dan industri penghasil baterai itu sendiri, dan juga kita bicara dengan PLN," ucap Agus Gumiwang.

Sumber: ANTARA

Pilihan Editor: Sudah Banyak Pesanan, Ekosistem Honda EM1 e: Telah Disiapkan

Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di grup Telegram pilih grup GoOto

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi