TVS RockZ, Sang Penantang Baru di Kelas Bebek
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Sabtu, 13 Juni 2009 23:37 WIB

TEMPO Interaktif, Jakarta :Usai mendengarkan pemaparan karakteristik dan sejumlah inovasi pada sepeda motor TVS RockZ dari General Manager PT TVS Motor Company Indonesia (TMCI), Benny Widiatmoko, Tempo diberi kesempatan untuk melakukan ride test motor bernampilan seperti ular kobra tersebut.

Awalnya ada sedikit keraguan, sebab bagaimana pun di dalam benak kami, selama ini teknologi otomotif yang terunggul masih dari Jepang. Namun, anggapan itu buyar seketika sesaat proses pengetesan telah dilakukan. Faktanya, memang ada yang baru yang ditawarkan pabrikan asal India tersebut.

Sehingga, proses pengujian kendara yang berlangsung di areal pabrik PT TVSCMI, Karawang TImur, pada Rabu (10/06) itulah, kami mendapat jawaban. Tarikan ringan, stabil saat melibas track datar maupun bergelombang. Super bebek 125 cc yang diberi nama RockZ itu, merupakan produk ketiga yang dipasarkan TVS di Indonesia.

Sebelumnya, TVS sudah memasarkan bebek Neo dengan mesin 110 cc dan sepeda motor sport Apache 160 cc. Vijaya menyebut, dari segi fitur maupun teknologi, sepeda motor bebek produksi pabriknya itu, llebih unggul dibanding sepeda motor sekelas yang ada saat ini.

Terlebih harga yang dia tawarkan juga sangat kompetitif. “Kami hanya mematok harga RockZ Rp 13.700.000 untuk varian cast wheel (velg racing) dan Rp 12.700.000 spoke wheel (velg jari-jari),” ungkap Vjiaya yang ikut menyaksikan uji kendara tersebut. 

Sejumlah fitur baru menjadi daya tarik tersendiri sepeda motor ini. Diantaranya, integrated music system (IMS) yaitu sebuah fitur musik yang terintegrasi pada sepeda motor ini.Melalui fitur tersebut, pengendara mendengarkan musik favorit dalam format MP3 dari port USB, atau juga mendengarkan siaran radio pada gelombang FM melalui dua speaker kecil atau earphone saat memacu sepeda motor.

Bahkan juga terdapat charger untuk telepon selular serta pemantik api. Sementara itu, dari sisi pengamanan, sepeda motor ini dilengkapi kunci pengaman atau anti theft lock (ATL). “Sistem ini merupakan yang pertama di dunia yang dipalikasikan di sepeda motor bebek. Pengoperasiannya, melalui standar tengah bisa dikunci saat motor diparkir. Pengaman satu lagi atau engine kill switch yang berada di tempat rahasia,” jelas Ravi Kharul, Wakil Direktur Penelitian dan Pengembangan PT TMCI.

Sedangkan untuk mengetahui tingkat penghematan bahan bakar yang dikonsumsi, pengendara diberi petunjuk melalui fitur econo. Dengan demikian, mereka bisa memperkirakan bahan bakar yang dibutuhkan untuk jarak yang akan ditempuh.

Tak hanya itu. Masih di area spedo meter, juga terdapat petunjuk tingkat pemanasan mesin sebelum sepeda motor dikendarai. Bila mesin dipanasi kurang dari tiga menit, maka lampu petunjuk akan menyala. Tingkat pemanasan ini berguna untuk merawat agar komponen mesin tak cepat aus.

Sepeda motor yang dibuat dengan dua varian itu, salah satu variannya juga dilengkapi dengan kopling ganda, kopling ini dimaksudkan untuk memberikan rasa aman kepada para pengendara saat memindahkan posisi gigi.

Hanya sayang, lahan tempat uji coba yang berada dia real pabrik tidak sepanjang di jalan raya. Sehingga, tidak memungkinkan kami untuk melakukan pengetesan dengan kecepatan tinggi. Yang pasti, para petinggi TMCI menyebut, TVS Rock tersebut akan mampu berlaga di pasar sepeda motor nasional.

ARIF ARIANTO

#Otomotif

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi