CES 2024: Mobil Listrik Honda akan Berbeda, Sekaligus Pamer Logo Baru
Reporter: Gooto.com
Editor: Kusnadi Chahyono
Rabu, 10 Januari 2024 13:07 WIB
Logo baru mobil listrik Honda dan Honda 0 Series. (Foto: Honda)
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, Jakarta - Honda 0 (zero) Series Saloon dan Space-Hub ditampilkan Honda Amerika di CES 2024. Honda juga meluncurkan logo tanda H baru yang akan digunakan secara eksklusif untuk model EV generasi terbaru.

Honda mengabarkan pada tahun 2026 akan memperkenalkan model Honda 0 Series berdasarkan konsep Saloon di Amerika Utara, diikuti dengan pengenalan model di Jepang, Asia, Eropa, Afrika, Timur Tengah, dan Amerika Selatan.

“Mobilitas yang kami impikan bukanlah perpanjangan dari tren mobil listrik yang 'tebal, berat, namun cerdas',” kata Toshihiro Mibe, CEO Global Honda. 

Honda 0 Series Saloon. (Foto: Honda)

Dijelaskan oleh Mibe, “Kami akan menciptakan nilai yang benar-benar baru dari nol berdasarkan Thin, Light, and Wise sebagai fondasi seri baru Honda 0 EV kami untuk semakin meningkatkan kegembiraan dan kebebasan mobilitas ke tingkat berikutnya.”

Shinji Aoyama, Global EVP Honda mengatakan, “Proporsi yang berani dan murni yang sekilas terlihat sangat berbeda dari kendaraan listrik lainnya untuk membangkitkan perspektif baru bagi masyarakat.”

Kabin Honda 0 Series Saloon. (Foto: Honda)

Saloon merupakan salah satu model konsep andalan Honda 0 Series. Berada di platform EV khusus, Saloon menghadirkan konsep “M/M  “man maximum, machine minimum” dengan eksterior rendah dan lebar ditambah dengan interior yang sangat luas. Bahan ramah lingkungan digunakan di seluruh eksterior dan interior. 

Di dalam, panel instrumen dilengkapi human-machine interface (HMI) yang memungkinkan pengoperasian sederhana dan intuitif. Dengan visibilitas luar biasa dan posisi berkendara yang sporty, Saloon menjanjikan pengalaman tak tertandingi yang benar-benar menghubungkan pengemudi dengan kendaraan.

Selain desain eksterior dan interior baru, Saloon juga memperkenalkan kemajuan sistem manajemen kontrol gerak dan steer-by-wire baru. 

Logo baru Honda untuk mobil listriknya. (Foto: Honda)

Memanfaatkan keahlian perusahaan selama puluhan tahun di bidang robotik, Saloon dilengkapi kontrol postur yang akan membantu pengemudi dalam berbagai situasi berkendara untuk mewujudkan “kegembiraan berkendara” di era EV.

Kendaraan produksi berdasarkan konsep Saloon diperkirakan akan memasuki pasar Amerika Utara pada tahun 2026.

Space-Hub dikembangkan dengan tema “meningkatkan kehidupan sehari-hari masyarakat.” Mewujudkan kabin yang luas dan jarak pandang yang sangat baik berdasarkan pendekatan pengembangan “Thin, Light, and Wise”. Space-Hub menawarkan ruang fleksibel yang langsung dapat menampung berbagai penumpang dan menjadi “hub” yang menghubungkan orang satu sama lain dan masyarakat luar.

Honda 0 Series Space Hub. (Foto: Honda)

Honda 0 Series akan menampilkan ADAS (sistem bantuan pengemudi tingkat lanjut) yang memanfaatkan teknologi yang ditemukan pada Honda SENSING Elite, yang pertama kali diterapkan pada tahun 2021 dengan Honda Legend di Jepang.

Selain itu, pada paruh kedua tahun 2020-an, mobil listrik model Honda 0 Series akan dilengkapi dengan fitur AD (Automated Driving) generasi terbaru, termasuk ketersediaan model EV yang lebih terjangkau untuk memperkenalkan sistem AD dalam skala yang lebih luas.

Honda 0 Series Space Hub. (Foto: Honda)

Mengatasi kekhawatiran mobil listrik tentang “waktu pengisian daya” dan “penurunan daya baterai,” model Honda 0 Series akan menawarkan pengisian daya bebas stres dan kinerja baterai yang meminimalkan penurunan kualitas seiring waktu. 

Model Honda 0 Series yang diluncurkan pada tahun 2026 ini hadirkan pengisian cepat dari kapasitas baterai 15% menjadi 80% akan dipersingkat menjadi sekitar 10-15 menit. Sementara itu, dengan menerapkan teknologi kontrol sistem baterai, Honda menargetkan penurunan kapasitas baterai bisa diminimalisir hingga kurang dari 10% setelah 10 tahun penggunaan.

Pilihan Editor: Honda Odyssey Alami Penyegaran, Ada 15 Fitur di Honda Sensing

Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di grup Telegram pilih grup GoOto

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi