Pabrik BMW akan Transformasi Produksi Mobil Listrik Tahun 2027
Reporter: Gooto.com
Editor: Kusnadi Chahyono
Kamis, 11 Januari 2024 09:46 WIB
Kawasan fasilitas produksi BMW Group Plant Munich. (Foto: BMW)
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, JakartaBMW Group Plant Munich dikabarkan pada tahun 2026 akan mulai memproduksi mobil listrik Neue Klasse sedan. Investasi senilai €650 juta akan menjadikan pabrik induk BMW ini eksklusif memproduksi mobil listrik. 

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Satu tahun kemudian, pabrik tersebut hanya akan memproduksi model mobil listrik, menjadikan pabrik Munich sebagai lokasi pertama dalam jaringan produksi BMW Group yang berhasil menyelesaikan transformasi ke E-mobility mulai akhir tahun 2027. 

“Pabrik di Munich adalah contoh luar biasa dari kemampuan kami beradaptasi. Kami menginvestasikan €650 juta di sini dan akan memproduksi kendaraan listrik secara eksklusif di pabrik induk kami mulai akhir tahun 2027,” ujar Milan Nedeljkovic, Member of the Board of Management of BMW AG, Production.

Kawasan BMW Group Plant Munich era kendaraan dengan mesin pembakaran di Munich akan berakhir 75 tahun setelah peluncuran BMW 501 pada tahun 1952 digantikan Neue Klasse. (Foto: BMW)

“Tahun lalu saja, enam model mobil listrik mulai diproduksi. Pada saat yang sama, kami juga mencetak rekor produksi, membuktikan bahwa kami secara bersamaan mampu mewujudkan dan membentuk masa depan dalam jaringan produksi kami,” jelas Milan Nedeljkovic.

Peter Weber, Director BMW Group Plant Munich, menambahkan: “Munich adalah jantungnya BMW. Pabrik di Munich inovatif dan mudah beradaptasi. Seperti pada tahun 1960-an, Neue Klasse kembali meletakkan fondasinya, tempat pabrik kami melakukan inovasi ulang. Fakta bahwa transformasi komprehensif ini terjadi bersamaan dengan diproduksinya sekitar 1.000 kendaraan per hari adalah praktik umum di Munich dan hal ini dimungkinkan berkat kinerja luar biasa dari seluruh karyawan kami.”

Mulai tahun 2026, produksi Neue Klasse di pabrik Munich pada awalnya akan berjalan paralel dengan produksi model saat ini. Setahun kemudian, mulai akhir tahun 2027, pabrik induk BMW Group akan menjadi lokasi pertama dalam jaringan produksi global yang memproduksi kendaraan listrik secara eksklusif, dan telah mengalami transformasi yang sesuai. 

Dengan demikian, era kendaraan dengan mesin pembakaran di Munich akan berakhir 75 tahun setelah peluncuran BMW 501 pada tahun 1952.

Setelah dimulainya pabrik baru di Debrecen, Hongaria, dan di Munich, kendaraan Neue Klasse juga akan diproduksi di Shenyang, Tiongkok, dan San Luis Potosí di Meksiko.

Pilihan Editor: Mercedes-Benz dan BMW Group Akur di Persaingan Mobil Listrik

Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di grup Telegram pilih grup GoOto

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi