Pabrik VinFast Dikunjungi Presiden Indonesia Joko Widodo
Reporter: Gooto.com
Editor: Kusnadi Chahyono
Minggu, 14 Januari 2024 09:36 WIB
Joko Widodo dalam lawatannya ke VinFast, 13 Januari 2024. (Foto: VinFast)
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, JakartaPresiden Indonesia Joko Widodo dalam lawatannya ke Vietnam, 13 Januari 2024, berkesempatan mendatangi kompleks manufaktur mobil dan motor VinFast di Hai Phong. 

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Didampingi langsung oleh Vingroup Chairman and VinFast Global CEO, Mr. Pham Nhat Vuong, disetiri langsung untuk memandu Presiden Joko Widodo untuk lebih mengetahui kompleks canggih manufaktur VinFast.

“VinFast akan membentuk ekosistem besarnya yang akan segera terbangun. Dan, Chairman dari VinFast menyatakan akan segera melakukan konstruksinya secepatnya,” ujar Presiden Joko Widodo.

Seperti yang diungkapkan sebelumnya, VinFast berencana berinvestasi setidaknya 1,2 miliar USD di Indonesia dalam jangka panjang. Selain mendistribusikan kendaraan yang diimpor dari Vietnam ke pelanggan Indonesia pada tahap awal, VinFast juga akan berinvestasi sebesar 200 juta USD untuk membangun pabrik manufaktur kendaraan listrik dengan perkiraan kapasitas produksi 30.000 - 50.000 kendaraan per tahun di Indonesia.

Pada pagi hari yang sama di Hanoi, Presiden Joko Widodo dan Perdana Menteri Pham Minh Chinh bertemu dengan para pelaku usaha yang telah berinvestasi dan beroperasi di kedua negara. VinFast dan GSM melaporkan kepada pemimpin kedua negara mengenai penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) dengan perusahaan teknologi terkemuka Indonesia – PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk, pemilik platform layanan transportasi Gojek.

GSM, didirikan Pham Nhat Vuong, memelopori layanan penyewaan dan taksi berkelanjutan secara eksklusif menggunakan mobil listrik dan skuter VinFast. Kerja sama ketiga perusahaan ini bertujuan untuk mempromosikan transportasi ramah lingkungan di Indonesia dengan mendukung pengemudi Gojek untuk beralih menggunakan kendaraan listrik, sekaligus memberikan kesempatan kepada konsumen Indonesia untuk merasakan layanan perjalanan GSM bintang 5 dengan kendaraan listrik ramah lingkungan VinFast. Selain rencana VinFast, GSM juga mengumumkan rencana investasi hingga 900 juta USD di Indonesia dalam waktu dekat.

Dengan menandatangani MoU dengan Gojek, platform layanan e-commerce dan transportasi terkemuka di Indonesia, VinFast dan GSM menunjukkan komitmen mereka untuk mendukung tujuan ambisius pemerintah Indonesia dalam mengurangi emisi transportasi. Perjanjian ini membuka peluang kerja sama dan menandai langkah signifikan VinFast dan GSM dalam ekspansi pasar global pada tahun 2024.

Pilihan Editor: Dua Mobil Listrik Baru VinFast Debut di CES 2023

Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di grup Telegram pilih grup GoOto

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi