Penjualan Motor 2009 Diperkirakan 5 Juta Unit
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Jumat, 19 Juni 2009 20:58 WIB

TEMPO Interaktif, Jakarta: Kalangan industri sepeda motor mengaku optimistis angka penjualan angka membaik pada semester kedua tahun ini. Seperti diketahui, perhitungan Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI), menyebutkan, angka penjualan sepeda motor pada lima bulan terakhir ini mengalami penurunan sekitar 19 – 20 persen dibanding periode yang sama tahun sebelumnya.

Ketua Umum Asosiasi, Gunadi Sindhuwinata, di sela acara Mid-Term Plan (MTP) PT Nissan Motor Indonesia, di Jakarta, Kamis, (18/06) mengatakan, dengan angka penurunan sebesar itu, kinerja penjualan kendaraan bermotor beroda dua itu masih tergolong bagus. “Sebab, dengan angka penurunan sebesar itu, berarti tidak sehebat yang diprediksikan semula, yaitu sebesar 30 persen,” papar Gunadi.

Bahkan, Gunadi menyebutkan, angka penjualan sepeda motor kembali akan merangkak naik pada awal semester kedua tahun ini. Peningkatan tersebut, akan dipicu oleh beberapa hal. Di antaranya, mulainya awal masuk sekolah. Pada saat seperti itu, biasanya permintaan sepeda motor sebagai sarana transportasi anak-anak ke sekolah juga mulai meningkat.

Kedua, pada saat ini juga gencar digelar berbagai acara promosi produk otomotif di antaranya di arena Pekan Raya Jakarta. Menurut Gunadi, berbagai acara tersebut selain menjadi wahana promosi untuk menarik minat juga menjadi sarana edukasi kepada masyarakat terhadap produk sepeda motor. Sehingga minat masyarakat juga timbul kembali. “Apalagi basis pasar konsumen motor merupakan penduduk dengan pendapatan per kapita 2.000-2.500 dolar AS per tahun. Kalau melihat kondisi ekonomi saat ini, pasar motor masih cukup luas," tutur Gunadi.

Dari perhitungan Gunadi, penjualan sepeda motor sepanjang tahun ini tak kurang dari 5 juta unit. “Sebab, paling jelek penurunan tahun ini hanya 20 persen,” tandasnya.

ARIF ARIANTO

#Otomotif

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi