Honda Freed, Tak Semungil Tampilannya
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Sabtu, 20 Juni 2009 04:39 WIB
MPV terbaru Honda, Honda Freed, akan segera diluncurkan resmi akhir bulan ini. Meski tampilannya kecil, Freed memiliki kapasitas dan ruang kabin lega. (Raju Febrian/TEMPO)
TEMPO Interaktif, Jakarta: Multi Purpose Vehicle (MPV) compact. Apa yang Anda harapkan dari sebuah kendaraan yang masuk kategori ini? Pertama jelas dari sisi kompaknya, kendaraan kecil tapi dengan kapasitas besar. Lho, bagaimana dua definisi ini bisa digabungkan? Jawabannya ada di Honda Freed.

PT Honda Prospect Motor memberikan Tempo kesempatan mencoba MPV terbaru mereka ini dalam acara Honda Freed Exclusive Media Test Drive di Bali, awal bulan ini. "Mobil ini akan jadi opsi dan pilihan utama new generation family di Indonesia," kata Yukihiro Aoshima President Director PT Honda Prospect Motor.

Aoshima-san memang tak sekedar berpromosi. Jika dilihat dari bodinya, jelas Freed lebih kecil dari, misalnya, Honda CR-V. Tapi jangan salah, dengan dimensi panjang 4.215 mm, lebar 1.700 mm dan tinggi 1.735 mm, mobil ini justru bisa menampung 7 penumpang, dua orang lebih banyak ketimbang CR-V.

Kuncinya adalah dari desain Freed itu sendiri. Ada tiga konsep yang membuat kabin Freed menjadi lapang. Pertama penggunaan desain triangle+square, segitiga untuk bagian depan dan kotak untuk bagian belakang. Konsep ini dikombinasikan dengan konsep lantai rata yang dinamai one step low floor. Alhasil, bagian tengah dan belakang mendapat porsi tambahan sehingga lebih lega.

Kedua, penggunaan pintu geser elektrik di kedua sisinya. Pintu yang bisa membuka sampai 600 mm ini tentu tak menghabiskan area saat pintu dibuka. Bukaan pintu ini ditujang ketinggian pintu yang hanya 41 mm dari tanah sehingga memudahkan penumpang anak-anak atau orang tua untuk masuk.

Ketiga, desain interior berkonsep Open Cafe Interior. Ini sempat dicoba dua rekan seperjalanan Tempo dari oto.co.id dan MotorTrend, yang bertukar tempat duduk dari bagian depan ke baris kedua. Meski kedua rekannya itu punya badan lebih besar dari rata-rata, tapi tempat duduk captain seat yang disusun dengan tema Walk Through Cabin membuat kedua rekan tadi bisa berpindah tanpa masalah.

"Desain Freed membuat Anda bisa masuk dari pintu manapun menuju kursi manapun," kata Jonfis Fandy, Marketing & Aftersales Service Director PT Honda Prospect Motor.

Tampilan dasboard Freed juga berbeda dengan MPV kebanyakan. Dual layered dashboard terlihat simpel, tuas trasnsmisi berada di tengah dashboard bersebelahan dengan tombol pengatur suhu ruangan. Perangkat audio yang berada di bagian atas juga dilengkapi USB plug dan iPod connector.

Untuk mesin, Freed menggunakan mesin yang sama dengan Jonda Jazz dan Honda City yaitu i-VTEC berkapasitas 1500 cc yang dipersenjatai transmisi 5-speed AT. Tambahan teknologinya adalah Drive by Wire (DBW) dan Shift Hold Control.

Tentu Anda tak bisa berharap Freed bisa melesat seperti Jazz. Honda sedikit merubah gear ratio untuk mengakomodasi Freed sebagai sebuah MPV. Tapi menyusuri rute Ubud-Discovery Mall-Jenggala Jimbaran-Rip Curl Sunset Road-Hard Rock Kuta, tenaga 118 PS di 6000 rpm dan torsi 156 Nm di 4800 rpm yang dimiliki cukup tangguh untuk sebuah MPV.

Jonfis hanya menyebut kisaran Rp 260 juta-an untuk harga Freed. HPM rupanya mau membuka semua selubung Freed saat launching resmi akhir bulan ini. Tak ada salahnya menunggu.

RAJU FEBRIAN

#Otomotif
#PT Honda Prospect Motor
#Jonfis Fandy

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi