Toyota dan Chiyoda Bangun Strategi Hidrogen
Reporter: Gooto.com
Editor: Kusnadi Chahyono
Rabu, 7 Februari 2024 09:14 WIB
Chiyoda Corporation dan Toyota Motor Corporation telah sepakat mengembangkan sistem elektrolisis skala besar. (Foto: Toyota)
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, Jakarta - Chiyoda Corporation dan Toyota Motor Corporation telah sepakat mengembangkan sistem elektrolisis skala besar dan membangun kemitraan strategis serta telah menandatangani perjanjian dasar kerja sama.

Tujuannya adalah untuk berkontribusi dalam mencapai target pemerintah dalam pengenalan peralatan elektrolisis baik di Jepang maupun di luar negeri sebagai bagian dari Strategi Dasar Hidrogen yang dirumuskan oleh pemerintah.

Teknologi produksi dan produksi massal tumpukan sel elektrolisis menggunakan teknologi sel bahan bakar yang dimiliki oleh Toyota dan teknologi desain pabrik pemrosesan serta teknologi konstruksi pabrik skala besar yang dimiliki oleh Chiyoda akan disatukan untuk mengembangkan sistem elektrolisis skala besar yang punya daya saing. 

Hal tersebut akan memungkinkan adaptasi terhadap pasar produksi hidrogen yang berkembang pesat baik di dalam maupun di luar Jepang.

Chiyoda Corporation dan Toyota Motor Corporation telah sepakat mengembangkan sistem elektrolisis skala besar. (Foto: Toyota)

Secara khusus, tujuannya adalah untuk mengembangkan sistem elektrolisis dengan efisiensi produksi hidrogen yang tinggi sekaligus menjadi yang terkecil di dunia.

Untuk dapat menjawab berbagai kebutuhan pelanggan, seperti jumlah hidrogen yang digunakan atau keterbatasan luas lantai pabrik, peralatan kelas 5 MW akan digunakan sebagai unit dasar (luas lantai: 2,5 mx 6 m, kapasitas produksi hidrogen : sekitar 100 kg/jam) untuk pengembangan, dan akan digabungkan untuk membuat paket standar, yang memungkinkan pembangunan sistem elektrolisis skala besar.

Keunggulan peralatan ini mencakup fakta bahwa peralatan ini hanya memakan sekitar setengah luas lantai peralatan konvensional dan menawarkan kemudahan perawatan sekaligus memungkinkan pengiriman lebih mudah, mempersingkat waktu konstruksi di lokasi, dan menurunkan biaya teknik sipil dan konstruksi. 

Keahlian khusus Toyota dalam produk industri dan keahlian khusus Chiyoda dalam bidang teknik pabrik akan digabungkan dan dioptimalkan, sehingga menghasilkan manfaat seperti biaya yang lebih rendah, peningkatan efisiensi produksi, dan kualitas yang lebih stabil untuk sistem elektrolisis yang diperlukan untuk menghasilkan hidrogen ramah lingkungan.

Dengan ditandatanganinya perjanjian dasar kerja sama ini, pengenalan sistem elektrolisis di Hydrogen Park di Pabrik Toyota Honsha akan dimulai pada FY2025. Nantinya akan diperluas ke kelas 10 MW dan digunakan untuk verifikasi dan pengembangan.

Toyota akan terus berupaya "Producing Happiness for All" dengan tujuan mencapai masyarakat berbasis hidrogen melalui pendekatan multi-pathway dalam rantai pasokan “Produce / Transport / Store / Use” yang bertujuan untuk implementasi sosial hidrogen. 

Pilihan Editor: Truk Hidrogen Mercedes-Benz GenH2 Mulai Dicoba Calon Konsumen

Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di grup Telegram pilih grup GoOto

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi