Ferrari SF-24 Rayakan Mobil ke-70 untuk Jalani F1 2024
Reporter: Gooto.com
Editor: Kusnadi Chahyono
Rabu, 14 Februari 2024 15:36 WIB
Ferrari SF-24 untuk hadapi musim F1 2024 mendominasi hitam dan merah, ditambah warna kuning dan putih. (Foto: Scuderia Ferrari)
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, Jakarta - Ferrari SF-24 menjadi mobil ke-70 yang dibuat untuk ambil bagian dalam Kejuaraan Dunia F1 2024. Hadir dalam presentasi di trek Fiorano adalah Presiden John Elkann, CEO Benedetto Vigna dan Wakil Presiden Piero Ferrari, beserta perwakilan mitra, serta anggota tim, dimulai dengan Team Principal Frederic Vasseur dan pembalap Charles Leclerc dan Carlos Sainz. 

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Musim tersibuk yang pernah ada, dengan tidak kurang dari 24 balapan, akan dimulai minggu depan di Bahrain dengan satu-satunya sesi tes pramusim selama tiga hari, diikuti dengan grand prix pertama di tempat yang sama, pada hari Sabtu 2 Maret.

Ferrari SF-24 tunggangan Charles Leclerc (#16) dan Carlos Sainz Jr. (#55). (Foto: Scuderia Ferrari)

Sekilas, mobil ini secara estetika sangat berbeda dengan pendahulunya, begitu pula dengan liverynya.

Ferrari SF-24 adalah mobil ketiga dari generasi ground effect Formula 1 yang baru, namun melanggar tradisi dua tahun terakhir, dimulai dari tampilannya. Kelompok desain, yang dipimpin oleh Enrico Cardile, bertujuan untuk memberi Charles dan Carlos sebuah mobil yang mudah dikendarai dan bereaksi dengan mudah diprediksi, dengan sebagai titik awal, perasaan positif yang dirasakan para pembalap di kokpit selama beberapa balapan terakhir musim lalu.

“Mempersembahkan mobil baru ke dunia untuk pertama kalinya selalu menjadi momen yang sangat menyenangkan bagi saya dan para pembalap, bahkan jika kita semua sudah memikirkan momen dimana kita akan berhadapan langsung dengan rival," ujar Frederic Vasseur, Team Principal Scuderia Ferrari.

Ferrari SF-24 mobil ke-70 untuk hadapi musim F1 2024. (Foto: Scuderia Ferrari)

Frederic Vasseur menambahkan, "Tahun ini, kami harus memulai dari apa yang kami tinggalkan pada akhir musim lalu, ketika kami menjadi yang terdepan secara konsisten, dengan tujuan untuk terus berkembang di segala bidang. Musim Formula 1 terpanjang menanti kami dan Charles, Carlos, dan saya semua setuju, kami harus lebih sinis dan efektif dalam mengelola balapan, membuat pilihan yang berani, untuk mendapatkan hasil terbaik di setiap Grand Prix."

Enrico Cardile selaku Technical Director Chassis Scuderia Ferrari mengatakan, “mengandalkan SF-24 kami ingin menciptakan platform yang benar-benar baru dan faktanya, setiap area mobil telah didesain ulang, meskipun titik awal kami adalah arah pengembangan yang kami adopsi tahun lalu dan terlihat kami mengambil lompatan maju dalam hal daya saing di bagian akhir musim ini."

Dijelaskan oleh Enrico Cardile bahwa dirinya telah menerima apa yang dikatakan para pembalap dan mewujudkan ide-ide tersebut menjadi kenyataan teknis, dengan tujuan memberi mereka mobil yang lebih mudah dikendarai sehingga lebih mudah untuk mendapatkan hasil maksimal dan mendorongnya hingga batas kemampuannya. 

Ferrari SF-24 mendapat sentuhan menyeluruh dalam segi paket aerodinamika. (Foto: Scuderia Ferrari)

"Kami tidak menetapkan batasan desain apa pun selain menghadirkan kekuatan dan sejatinya mobil balap yang dapat mereproduksi apa yang kami lihat di terowongan angin di trek balap,” yakin Enrico Cardile.

Enrico Gualtieri, Technical Director Power Unit juga turut mengumbar apa yang dilakukan di SF-24.

"Meski pengembangan dibekukan oleh regulasi, bukan berarti tahun 2024 tidak menghadirkan tantangan yang menarik. Kami akan menghadapi lebih banyak balapan dibandingkan tahun-tahun kejuaraan lainnya dan hal ini mengharuskan kami untuk bereaksi lebih cepat, dengan waktu yang tersedia di tempat tes lebih sedikit," ujar Enrico Gualtieri.

"Untuk mempersiapkan hal ini, kami telah meninjau semua proses yang berkaitan dengan mesin – persiapan, penandatanganan, dan manajemen – untuk memaksimalkan kinerja. Selain itu, kami telah bekerja sangat erat dengan mitra kami untuk lebih mengoptimalkan prosedur terkait keandalan: misalnya, di lintasan, berkat pemantauan berkala terhadap cairan di dalam mobil, Shell dapat terus memeriksa performa sumber daya mobil,” jelas Enrico Gualtieri.

Pilihan Editor: Pembalap Aston Martin Aramco F1 Team Jajal AMR24

Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di grup Telegram pilih grup GoOto

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi