Kurang Fit, Pembalap Repsol Honda Masih Raih Hasil Positif di Tes Jelang MotoGP 2024
Reporter: Gooto.com
Editor: Kusnadi Chahyono
Kamis, 22 Februari 2024 10:39 WIB
Joan Mir dengan Honda RC213V 2024. (Foto: Repsol Honda)
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, JakartaPembalap tim Repsol Honda masih harus banyak tugas untuk penyempurnaan di Honda RC213V, agar bisa bersaing di sepuluh besar kompetisi MotoGP 2024. Sebab di tes pramusim di sirkuit Losail, Qatar, hanya berada di posisi 20 besar.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Joan Mir berada di posisi 19 dan Luca Marini di posisi 20. Catatan waktu terbaik Mir adalah 1:52,457 detik diraih pada hari kedua, 20 Februari. Dirinya sempat terjatuh di sesi akhir di tikungan 13, akibat kondisi tubuh yang kurang sehat, pembalap Spanyol ini hanya bisa bertahan 32 lap. Meskipun begitu, catatan waktunya ini lebih cepat 1,1 detik berbanding sesi kualifikasi balap tiga bulan lalu di MotoGP Qatar 2023.

Sedangkan Luca Marini yang juga sudah sembuh dari kondisi tubuh yang kurang sehat, cukup produktif pada hari terakhir sebanyak 60 lap. Catatan waktunya 1:52,677 detik, setelah melakukan beberapa setelan ulang bersama tim HRC.

Diakui Joan Mir saat memulai hari kedua sesi latihan pramusim dirinya merasa kurang sehat dan merasa lelah. “Saat pertama keluar dengan motor badan mulai tidak enak dan akhirnya istirahat untuk mengembalikan kekuatan,” ujar dia.

Luca Marini berdiskusi dengan tim Repsol Honda saat tes pramusim di sirkuit Losail, Qatar, 20 Februari 2024. (Foto: Repsol Honda)

Pembalap bernomor #36 ini menegaskan bahwa usai beristirahat dan mengembalikan kekuatannya namun kesehatannya tidak 100 persen, sehingga tidak bisa melakukan banyak hal yang baru.

“Saat keluar terakhir saya terjatuh kencang yang artinya tidak bisa melakukan sesi latihan start, jadi bisa dibilang hari yang sangat rumit,” ujar Joan Mir. 

“Tentunya akan sangat bagus bila di hari terakhir latihan bisa tampil bagus, tapi setidaknya kita bisa melakukan kemajuan sepanjang latihan ini. Sekarang kami harus beralih ke balapan perdana dan berusaha untuk mendapat hasil maksimal,” tegas Joan Mir.

Adapun Luca Marini menyatakan bahwa pengetesan kali ini memungkinkan untuk memahami banyak hal dan bisa mencoba berbagai hal sesuai dengan daftar untuk saya dan untuk HRC.

“Kami telah membuat perubahan besar di motor yang membuat kehilangan banyak waktu di awal. Meskipun begitu, kita bisa mengumpulkan banyak data dan bisa bersiap untuk MotoGP,” yakin Luca Marini.

“Setiap sesi saya bisa meningkatkan kemampuan dengan motor tapi kami masih perlu meningkatkan performa untuk pertajam waktu,” tegas Luca Marini.

Kini perhatian para pebalap dan seluruh tim beralih ke balapan pembuka musim Kejuaraan Dunia MotoGP 2024 sebanyak 21 seri, yang dijadwalkan dimulai di Sirkuit Internasional Losail pada 08 – 10 Maret. Setelah Qatar, musim ini akan menjadi perjalanan Repsol Honda. di seluruh dunia saat mereka bertarung melawan 20 pembalap lainnya di grid.

Pilihan Editor: 2 Pembalap Ducati Lenovo Kuasai Tes Pramusim MotoGP di Qatar

Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di grup Telegram pilih grup GoOto

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi