Sudah Satu Dekade Mobil Listrik Dikembangkan, Apple Batal Bikin iCar
Reporter: Dicky Kurniawan
Editor: Kusnadi Chahyono
Rabu, 28 Februari 2024 15:51 WIB
Mobil Listrik Apple. (Foto: Autoevolution)
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, Jakarta - Apple telah menghentikan pengembangan mobil listrik prototipe iCar, setelah sudah satu dekade dikerjakan. Perusahaan teknologi asal California itu telah menginstruksikan karyawannya untuk menghentikan pekerjaan mereka untuk iCar ini.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Disitat dari situs Carscoops pada hari ini, Rabu, 28 Februari 2024, Apple diketahui telah mengembangkan kendaraan listrik ini sejak 2014. Memang, hingga saat ini iCar ini belum pernah diumumkan secara resmi kepada dunia.

Apple punya ambisi besar terhadap mobil listrik iCar. Sebab, mobil ini disebut akan hadir dengan navigasi yang dapat diaktifkan dengan suara, kemudian punya kemampuan otonom, fitur mumpuni, serta desain yang mewah.

Beberapa laporan menyebutkan bahwa awal tahun ini proyek mobil listrik ini sudah mencapai tahap penentu keberhasilan, dan sayangnya, proyek tersebut gagal. Pengembangan mobil listrik ini dikabarkan menghabiskan dana hingga miliaran dolar.

Imbas dari penghentian proyek ini, Apple dikabarkan akan memberhentikan sebagian besar karyawannya. Sementara, beberapa lainnya akan dipindahkan ke proyek lain, khususnya di divisi kecerdasan buatan yang telah menjadi prioritas utama bagi Apple.

Laporan sebelumnya menyebutkan bahwa proyek tersebut kurang mendapatkan dukungan penuh dari para eksekutif senior Apple. Perusahaan juga sedang mempertimbangkan untuk mengurangi ambisinya untuk mempercepat pengembangan iCar atau membatalkannya sama sekali, dan keputusan akhirnya adalah menghentikan proyek tersebut dalam beberapa minggu terakhir.

Keputusan ini diambil di tengah kenaikan suku bunga yang telah menimbulkan kekhawatiran mengenai keterjangkauan di kalangan pembeli kendaraan listrik dan memicu kekhawatiran akan tantangan profitabilitas bagi perusahaan rintisan. Selain itu, serangkaian kecelakaan besar telah merusak kepercayaan masyarakat terhadap mobil otonom.

DICKY KURNIAWAN | CARSCOOPS

Pilihan Editor: Menristek dan ITS Luncurkan Mobil Listrik Pintar iCAR di Hari Kemerdekaan

Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di grup Telegram pilih grup GoOto

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi