Kementerian BUMN Hadirkan Program Mudik Lebaran Gratis, Cek Kuotanya
Reporter: Dicky Kurniawan
Editor: Kusnadi Chahyono
Rabu, 6 Maret 2024 17:00 WIB
Warga mengikuti mudik gratis bertajuk Mudik Dinanti, Mudik Di Hati BUMN, di JICT II Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta, Senin 17 April 2023. Total peserta program mudik gratis Pelindo Group 2023 mencapai 3.650 orang dengan menggunakan 73 unit bus yang di selenggarakan di beberapa kota seperti Jakarta, Medan, Surabaya, Makassar, dan Bulukumba. Tempo/Tony Hartawan
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, Jakarta - Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) menghadirkan program mudik gratis Lebaran 2024 bertajuk Mudik Asyik Bersama BUMN. Untuk program di tahun ini dikoordinasikan oleh PT Jasa Raharja, Kementerian BUMN menyediakan kuota sebanyak 80.125 orang.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

"Program mudik bersama ini bertujuan mendukung pemerintah dalam rangka memberikan pelayanan pelaksanaan mudik agar terselenggara dengan lancar, aman, dan nyaman," kata Assisten Deputi Bidang Tanggung Jawa Sosial dan Lingkungan (TJSL) Kementerian BUMN Edi Eko Cahyono, dikutip dari situs berita Antara pada hari ini, Rabu, 6 Maret 2024.

Dari total kuota mudik di tahun ini, sebanyak 55.607 calon penumpang ditargetkan diberangkatkan dengan 1.225 unit bus. Kemudian, 18.998 calon penumpang diberangkatkan dengan 60 kereta api dan 5.610 calon penumpang diberangkatkan dengan 15 kapal laut.

Pendaftaran program mudik gratis Kementerian BUMN telah dibuka sejak 4 Maret 2024, dapat diakses melalui laman mudik.jasaraharja.co.id. Hingga 5 Maret 2024, tercatat sudah ada 14.796 calon pemudik yang telah melakukan pendaftaran.

"Biasanya, mereka ini bukan pemudik pertama. Mereka sudah berkali-kali, tingkat ketertibannya itu juga sudah bagus," Direktur Utama Jasa Raharja Rivan A Purwantono.

Program mudik gratis BUMN ini akan diberangkatkan dari sejumlah titik, baik dari terminal, stasiun, maupun pelabuhan. Seremoni keberangkatan menggunakan bus dilakukan di Pintu Silang Monas, Jakarta pada 5 April 2024 dan yang menggunakan kereta api seremoni keberangkatkan dilakukan di Stasiun Pasar Senen pada 2 hingga 3 April 2024.

DICKY KURNIAWAN | ANTARA

Pilihan Editor: Wamen BUMN Tinjau Produksi Bus Listrik E-Inobus, Sudah Sejauh Mana?

Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di grup Telegram pilih grup GoOto

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi