Biaya Pasang Wall Charger Mercedes-Benz di Rumah Capai Rp 50 Juta
Reporter: Dicky Kurniawan
Editor: Rafif Rahedian
Jumat, 8 Maret 2024 10:00 WIB
Ilustrasi Logo Mercedes-Benz. REUTERS/Yves Herman
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, Jakarta - PT Mercedes-Benz Distribution Indonesia (MBDI) menyediakan paket wall charger bagi konsumen mobil listrik. Harga dan biaya pemasangan wall charger ini tidak termasuk dalam paket pembelian mobil listrik Mercedes-Benz.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Deputy Director, Marketing Communication & PR PT MBDI Hari Arifianto mengatakan bahwa biaya pemasangan sekaligus harga wall charger Mercedes-Benz ini sekitar Rp 50 juta. Harga untuk wall charger-nya saja Rp 23.373.000.

"Proses instalasi wallbox tidak bisa sendiri, butuh pihak ketiga dari provider instalator wallbox, itu mesti narik jaringan. Most likely, bikin jaringan baru, meteran baru, paling cepat 2 minggu," kata Hari, dikutip Gooto dari Tempo.co hari ini, Jumat, 8 Maret 2024.

Hari juga mengatakan bahwa minimal daya listrik rumah untuk pemasangan wall charger ini adalah 11 ribu Watt. Wallbox Mercedes-Benz ini kompatibel untuk semua mobil listrik dengan model charger Type 2 charging socket.

Wallbox ini mendukung pengisian daya AC yang jika digunakan untuk mengisi daya mobil listrik Mercedes-Benz EQA dan EQB, membutuhkan waktu masing-masing 6,5 jam dan 7 jam. Sementara, jika menggunakan pengisi daya DC fast charging, pengisian daya hanya membutuhkan waktu 32 menit dari 10 persen hingga 80 persen.

Wallbox Home Mercedes-Benz bisa digunakan untuk mobil listrik dan mobil plug-in hybrid (PHEV) dengan kapasitas pengisian hingga 22 kW. Akses charger ini dikendalikan melalui sakelar yang dioperasikan dengan kunci dan kabel pengisi dayanya memiliki panjang sekitar 6 meter.

Charger ini dilengkapi lampu LED integral untuk menunjukkan status wallbox. Perangkat wallbox telah menyandang status IP55 yang aman digunakan di dalam dan di luar rumah. Kapasitas pengisian daya dapat disesuaikan, mulai dari 10 hingga 32 A, pada 230 V fase tunggal hingga 7,2 kW dan tiga fase hingga 22 kW.

Wallbox Mercedes-Benz ini juga sudah dilengkapi sensor arus gangguan DC integral dan pemutus sirkuit arus gangguan RCCB tipe A. Kemudian ada manajemen suhu untuk mencegah panas berlebih. 

DICKY KURNIAWAN | TEMPO.CO

Pilihan Editor: Test Drive Suzuki Jimny 5 Pintu: Handling dan Suspensi Terasa Nyaman

Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di membership.tempo.co/komunitas pilih grup GoOto

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi