Menanti Kejutan 'Baby Shark' Pedro Acosta di MotoGP Qatar 2024
Reporter: Gooto.com
Editor: Wawan Priyanto
Sabtu, 9 Maret 2024 12:39 WIB
Pembalap Moto GP Pedro Acosta mengendarai motornya dalam sesi Tes Moto GP Sepang. FOTO/instagram
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, JakartaPedro Acosta hanyalah pembalap rookie atau debutan di MotoGP 2024. Pembalap Spanyol ini juga baru empat kali mengikuti tes resmi menggunakan motor KTM RC16, tapi aksinya sudah mendapatkan perhatian pembalap senior MotoGP. 

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Saat mengikuti tes perdana MotoGP di Sirkuit Ricardo Tormo, Spanyol, 28 November 2023, Acosta hanya menempati posisi 18 dari 22 pembalap. Catatan waktunya tak buruk-buruk amat, 1 menit 30,476 detik, selisih1,223 detik dari pembalap tercepat ketika itu, Maverick Vinales (Aprilia), 1 menit 29,253 detik. 

Pembalap berusia 19 tahun itu menggunakan kesempatan perdana menggeber RC16 itu untuk adaptasi dengan melahap sebanyak 70 putaran. 

Tes berikutnya adalah di Sepang, Malaysia. Di hari pertama, Acosta menempati posisi kedua tercepat dengan waktu 1 menit 58,220 detik, terpaut 0,269 detik dari Jorge Martin (Pramac Racing) yang memuncaki waktu tercepat hari itu. 

Hari kedua, Acosta turun ke posisi delapan, tapi catatan waktunya membaik menjadi 1 57,726 detik. Hari ketiga atau hari terakhir, pembalap yang dijuluki 'Baby Shark' ini berada di peringkat sembilan, lagi-lagi dia mampu mempertajam catatan waktunya menjadi 1 menit 57,365 detik, terpaut 0,661 detik dari pembalap tercepat Francesco Bagnaia (Ducati Lenovo Team) yang melakukan putaran terbaik 1 menit 56,682 detik. 

Di tes resmi ketiga di Sirkuit Internasional Losail, Qatar, 19-20 Februari 2024, Acosta menempati posisi 15 di hari pertama dan kedua. 

Pucaknya adalah di Latihan Bebas Pertama (FP1) MotoGP Qatar yang jadi seri pembuka musim ini. Di hari pertama, Jumat kemarin, Acosta berada di peringkat ketiga dengan catatan waktu 1 menit 52,695 detik. Dia tampil lebih baik dari Marc Marquez (Gresini Racing) P4, Enea Bastianini (Ducati Lenovo Team) P7, dan bahkan juara dunia musim lalu, Francesco Bagnaia (Ducati Lenovo Team) yang hanya berada di peringkat 10. 

Di sesi FP2, sinar Acosta tetap bersinar terang. Dia finis ketiga tercepat di belakang Juara Dunia delapan kali M. Marquez dan rekan satu timnya di Red Bull GASGAS Tech3, Augusto Fernandez. Catatan waktunya hanya berselisih 0,394 detik dari M. Marquez. 

M. Marquez tak sungkan memberikan pujian setinggi langit untuk juniornya yang juga berasal dari Spanyol ini. "Saya sudah sering mengatakan dia (Acosta) merupakan salah satu talenta muda terbaik yang ada di grid saat ini," kata M. Marquez ketika diwawancara motogp.com usai sesi FP2 kemarin. 

"Dia pembalap yang cepat saat sesi tes, dia akan semakin cepat saat musim berjalan," ujar dia. 

Bagnaia juga tidak kaget dengan kecepatan Acosta di Qatar. Menurut dia, Acosta selalu tampil cepat sejak sesi tes dimulai untuk musim ini. "Dia berkembang sangat cepat. Mampu melakukan adaptasi dengan baik di kelas MotoGP," ujar dia. 

Pemilik Tim Red Bull GASGAS Tech3, Herve Poncharal, mengatakan performa Acosta sangat mengesankan di FP1 dan FP2 Qatar. "Kami semua mengingat bagaimana dia (Acosta) menyelesaikan tugas pertama menguji motor KTM RC16 di Valencia setelah seri terakhi rmusim lalu. Dia sangat nyaman di trek, dan tampil semakin baik. Ini jarang terjadi pada pembalap muda seperti dia," ujar Poncharal. 

Baby Shark tampak cukup menikmati sesi latihan dengan baik. Beberapa kali dirinya tampak memacu motornya melampau batas dan nyaris tergelincir di tikungan. Tapi, itu malah membuat dia makin agresif menambah kecepatan. 

Aksi Acosta di balapan sesungguhnya akan dibuktikan hari ini, pukul 23.00 WIB, saat menjalani Sprint Race. Dia akan bertarung dengan sejumlah pembalap MotoGP papan atas seperti M. Marquez, Bagnaia, Brad Binder dan Jack Miller (Red Bull KTM Factory Racing), Martin, hingga juara dunia 2020 Joan Mir (Repsol Honda) dan juara dunia 2021 Fabio Quartararo (Monster Energy Yamaha). 

Pilihan Editor: Marc Marquez Kuasai Sesi Latihan MotoGP Qatar, Pedro Acosta Tebar Ancaman

Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di membership.tempo.co/komunitas pilih grup GoOto

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi