Tanggapan Isuzu Soal Potensi Pemberian Insentif Truk Listrik
Reporter: Erwan Hartawan
Editor: Kusnadi Chahyono
Senin, 11 Maret 2024 16:00 WIB
Isuzu N-Series NRR EV sudah mulai didistribusikan tahun 2024. (Foto: Isuzu)
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, Jakarta - PT Isuzu Astra Motor Indonesia (IAMI) memberi tanggapan soal rencana Menteri Perindustrian (Menperin) yang mau memberikan insentif truk listrik. Menurut mereka, rencana tersebut akan berdampak baik untuk industri kendaraan niaga di Tanah Air.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Business Strategy Division Head PT IAMI Attias Asril menyebut, meski insentif bagus untuk industri truk listrik di Indonesia, namun pemerintah juga harus memperhatikan soal kesiapan infrastrukturnya.

"Ya, itu bagus untuk mendorong industri komersial Indonesia untuk segera mengeluarkan produk EV-nya. Tapi kembali, masyarakat dan pengguna butuh kesiapan infrastrukturnya. Karena mereka tidak hanya beli truknya," ujar Attias Asril saat ditemui di JCC Senayan, Jakarta, Jumat, 8 Maret 2024 kemarin.

Attias Asril menambahkan saat insentif dan infrastruktur berjalan seimbang tentu akan berjalan dengan baik.

Isuzu N-Series NRR EV. (Foto: Isuzu)

"Truk kan untuk bisnis jadi tidak bisa berhenti. Kalau itu inline semua, saya rasa positif," tambahnya.

Sementara saat ditanya sejauh mana urgensi insentif untuk truk listrik, Attias Asril hanya memastikan, pengusaha truk juga butuh diperhatikan agar pasar kendaraan komersial di Indonesia bisa tumbuh.

"Ini kan investasi besar, tentunya pada awal kalau produk teknologi tinggi seperti ini harganya tinggi. Pengusaha truk di Indonesia juga butuh diperhatikan biar harganya terjangkau," ungkap dia.

Sebelumnya, Menteri Perindustrian (Menperin), Agus Gumiwang Kartasasmita sempat menyinggung peluang memberikan insentif untuk truk listrik. Bahkan, dia mengaku akan duduk bersama Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) untuk menggodok aturannya.

Pilihan Editor: Pemerintah Siapkan Insentif untuk Truk Listrik

Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di grup Telegram pilih grup GoOto

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi