New Ford Everest, Si Bongsor yang Lincah
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Senin, 29 Juni 2009 17:24 WIB
TEMPO/Arnold Simanjutak

TEMPO Interaktif, Jakarta - Terik sinar matahari begitu terasa menyengat, Jumat (26/06), di kawasan Sentul City, siang itu. Namun, Tempo dan beberapa jurnalis dari berbagai media tetap tak hirau dengan hawa panas itu. Rasa penasaran dan ingin segera membuktikan keandalan dan kenyamanan sebuah mobil baru, New Ford Everest lah yang membuat kami tetap sabar menunggu meski ditaburi sengatan panas sinar mentari.

Begitu kesempatan mencoba Ford Everest varian 4 x 2 yang bertransmisi manual tiba, sebersit keraguan melintas. “Apakah mobil ini selincah yang disebutkan sebelumnya?, apa keistimewaan yang dimilikinya ketimbang mobil lain sekelasnya?,”. Maklum, bodi mobil bermesin diesel ini terbilang bongsor.

Namun, begitu aba-aba star diangkat, dan ketika pedal gas Tempo injak penuh, dengan ringan mobil melesat. Malah beberapa tanjakan, langsung dengan mudah dilibas. Itu bias terjadi, karena dengan kapasitas mesin diesel Duratorq 2.5L Commonrail Direct Injection, varian Ford Everest yang diluncurkan Kamis (25/06) itu, mampu menghasilkan torsi yang besar, tetapi tetap hemat bahan bakar.

Kendati harus menaiki tanjakan yang cukup tinggi, putaran mesin tetap ringan. Tak ada tanda-tanda tenaga menyusut di setiap putaran mesin saat mobil mendaki. Keraguan terhadap kelincahan mobil ini pun pupus, saat melintasi lintasan dengan tingkungan cukup tajam.

Pasalnya, saat berslalom dengan melewati jejeran cone yang dipasang di lintasan sepanjang 200 meter, mobil ini dengan lincah berlenggak-lenggok. Begitu pun dengan suspensinya, selain empuk juga mampu menopang body mobil yang bongsor, sehingga mobil tetap stabil meski meliuk-liuk saat dibawa berslalom. Walhasil manuver pun bisa dilakukan dengan mulus.

”Anda sudah membuktikan sendiri kan? The New Ford Everest merupakan kendaraan best in class ride dan handling dengan performa yang tinggi saat digunakan berkendara baik jalan raya, jalan tol atau jalan menanjak,” tutur Direktur Pemasaran PT Ford Motor Indonesia Davy Tuilan yang ikut menyaksikan acara test drive Jumat (26/06) siang itu.

Satu hal lagi, piranti penunjang keselamatan yang dicoba Tempo saat berkendara, yaitu Antilock Brake System (ABS). Dengan piranti itu, mobil tak oleng saat dilakukan pengereman tiba-tiba, dan langsung melesat begitu pedal gas diinjak penuh. “Ini gue banget, ini namanya baru rem yang aman,” ujar salah seorang teman jurnalis yang ikut dalam satu mobil berkomentar.

System kerja rem itu juga didukung dengan Electronic Brake Force Distribution (EBD). Fungsi perangkat ini adalah untuk mengoptimalkan kemampuan sistem kerja pengereman, sehingga pengereman bisa berlangsung optimal di berbagai jenis lintasan.

Selain itu, Sport Utility Vehicle ini juga dilengkapi safety belt di ketujuh tempat duduknya. Perlengkapan lainnya, adalah dual stage driver dan passenger airbags, engine immobilizer, crumple zone, serta rigid 3H structure yang menjaga kabin agar tetap utuh meski terjadi kecelakaan yang fatal sekali pun. ”Semua perlengkapan atau fitur itu menjadi bukti bahwa, inilah SUV keluarga yang paling aman,” tandas Davy.

Sesuai dengan positioningnya, sebagai SUV keluarga mobil ini memiliki kapasitas tempat duduk tujuh penumpang. Meski jumlah tempat duduk sebanyak itu, dan dalam tiga deret, yaitu depan, tengah dan belakang, namun akses keluar masuk penumpang dibuat mudah. Sebab, susunan kursi baris kedua dapat dilipat. Bahkan, kursi di baris ketiga dapat dilepas untuk mendapatkan ruang bagasi tambahan, bila diperlukan.

Dengan balutan warga krem pada interior, selain menambah kesan kalem dan mewah juga menjadikan interior terkesan lebih lapang. Sehingga, kenyamanan berkendara benar-benar tercipta. Ternyata dibalik sosoknya yang macho, ada keanggunan yang bisa dirasakan.

Terlebih, di sektor interior ini juga dilengkapi dengan dengan Audio 2 Din CD yang mampu memutar CD Audio dan MP3. “Jadi, sesuai dengan positioningnya, New Ford Everest yaitu sebagai SUV keluarga, kami memberikan ketangguhan dan kenyamanan,” tambah Davy disusul tawa.

ARIF ARIANTO

#Otomotif

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi