Simak 2 Tanda Oli Gardan Motor Matik Habis
Reporter: Dicky Kurniawan
Editor: Rafif Rahedian
Selasa, 12 Maret 2024 11:00 WIB
Ilustrasi motor. Sumber: Istimewa
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, Jakarta - Oli gardan motor matik yang habis akan membuat bagian transmisi kendaraan, seperti gear dan bearing tidak bisa bekerja secara optimal. Pada kondisi seperti ini, biasanya akan langsung muncul suara bising dari area box CVT.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Melansir laman Wahana Honda hari ini, Selasa, 12 Maret 2024, oli gardan atau oli transmisi matik dibutuhkan oleh kendaraan berkopling kering. Oli gardan berfungsi melumasi khusus bagian transmisi matik.

Oli gardan pada motor matik ini harus diganti secara rutin. Interval penempatannya memang lebih lama dibandingkan dengan oli mesin. Munculnya suara bising pada box CVT disebabkan oli sudah tidak kental atau mulai terlihat encer.

Saat daya lumas oli gardan berkurang, secara otomatis transmisi yang terjadi antar komponen transmisi di dalam box gardan tidak terlumasi dengan baik. Gesekan antar komponen gear inilah yang akhirnya menimbulkan suara bising.

Berikut dua pertanda oli gardan motor matik habis menurut Wahana Honda:

1. Motor Bergetar Mendadak

Jika motor terasa bergetar pada bagian bodi dan setang, maka ini menjadi pertanda aktivitas pelumasan tidak berjalan sempurna. Akibatnya, pada saat melewati jalanan tertentu, motor matik akan terasa bergetar.

Tidak hanya itu, oli gardan yang habis juga bisa menimbulkan suara kasar saat dikendarai, terutama ketika dipacu dengan kecepatan tinggi. Jika hal ini terjadi, segera cek level oli gardan, dan jika diperlukan, isi kembali oli gardan dengan yang baru.

2. Performa Mesin Menurun

Saat performa kendaraan terasa menurun, misalnya saat akselerasi berjalan lambat atau kecepatan maksimum yang semakin terbatas, itu bisa menjadi pertanda oli gardan habis. 

Jika mesin motor mengeluarkan suara bising, segera bawa ke bengkel resmi terdekat untuk dilakukan penggantian oli gardan. 

Pilihan Editor: Faktor yang Buat Marc Marquez Gagal Podium di MotoGP Qatar 2024

Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di membership.tempo.co/komunitas pilih grup GoOto

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi