Pemotor Wajib Tahu, Ini 2 Jenis Oli pada Motor Matik
Reporter: Dicky Kurniawan
Editor: Rafif Rahedian
Senin, 22 April 2024 07:00 WIB
Pekerja mengganti pelumas sepeda motor di bengkel Dunia Motor, Pasar Minggu, Jakarta, 13-8, 2012. Menjelang hari raya Idhul Fitri sejumlah calon pemudik bermotor melakukan beberapa penggantian seperti Oli mesin, Ban, Rantai dan servis mesin. TEMPO/Wisnu Agung Prasetyo.
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, Jakarta - Ada dua jenis oli pada motor matik, di mana keduanya punya kesamaan namun tidak sama persis. Dua jenis oli motor matik yang dimaksud adalah oli mesin dan oli transmisi atau lebih dikenal dengan nama oli gardan.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Melansir laman Wahana Honda hari ini, Minggu, 21 April 2024, fungsi oli mesin dan oli transmisi sama-sama melindungi dan melumasi komponen metal yang bergesekan. 

Lebih spesifiknya, oli mesin melumasi komponen mesin, sementara oli transmisi atau oli gardan melumasi komponen gigi transmisi atau Final Reduction Gear di sistem transmisi otomatis.

Berikut penjelasan mengenai dua jenis oli pada motor matik:

Oli Mesin

Berdasarkan sertifikasi Japanese Automotive Standards Organization (JASO), oli mesin dibedakan atas JASO MA dan JASO MB.

JASO MA untuk motor yang menggunakan kopling basah (komponen kopling yang terendam oli mesin). Tipe motor yang menggunakan JASO MA ini antara lain adalah motor sport dan cub. Sementara, JASO MB digunakan pada motor kopling kering, contohnya di motor matik.

Tidak hanya itu, oli mesin juga memiliki standar kekentalan dengan kode standar Society of Automotive Engineer (SAE). SAE adalah standar indeks kekentalan oli secara global.

Oli mesin juga memiliki standar American Petroleum Institute (API), sebuah institusi yang mengatur penetapan kualitas tingkat kemampuan oli untuk menjaga performa mesin.

Oli Gardan

Oli gardan ini hanya digunakan pada motor matic. Oli transmisi ini juga biasanya terdapat dua jenis, yakni base oil dan synthetic. Oleh sebab itu, penting dipahami spesifikasi oli mesin dan oli gardan untuk digunakan pada setiap tipe dan tahun pembuatan motor.

Pilihan Editor: Sempat Memimpin, Aldi Satya Mahendra Gagal Podium di Race 1 WorldSSP300 Assen

Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di membership.tempo.co/komunitas pilih grup GoOto

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi