3 Tips Memperpanjang Usia Kendaraan Lewat Pemilihan Oli
Reporter: Erwan Hartawan
Editor: Kusnadi Chahyono
Kamis, 14 Maret 2024 07:00 WIB
Ilustrasi mengisi pelumas mesin mobil. (Astra Peugeot)
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, Jakarta - Oli mesin merupakan salah satu komponen yang sangat penting dalam menjaga performa dan umur panjang dari sebuah mesin kendaraan. Fungsi utamanya adalah melumasi, melindungi dan juga mendinginkan bagian-bagian dalam mesin dari gesekan dan keausan yang berlebihan.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Namun, seringkali ditemukan para pemilik kendaraan acuh terhadap oli kendaraannya, Salah satu penyebabnya adalah minimnya pengetahuan mengenai oli dan fungsinya. Sangat dipahami bahwa oli mesin hadir dalam beragam pilihan jenis dan tipe hingga harga, mulai dari yang murah sampai mahal.

Sebagai pemilik mobil, jangan sampai salah memilih oli mesin karena bisa berisiko terhadap performa dan kesehatan mobil.

Yang perlu dipahami lebih lanjut dari fungsi lain dari pelumas adalah menambah performa, merapatkan celah antara piston dengan silinder, meredam getaran dan suara, berfungsi juga sebagai anti karat, mengurangi gesekan antar komponen, sehingga mempengaruhi usia pakai kendaraan.

Dengan berbagai macam ragam fungsi ini, pengguna kendaraan harus benar-benar memilih yang tepat dan sesuai kebutuhan mesin. Berikut beberapa hal penting yang perlu diperhatikan saat memilih pelumas mesin kendaraan.

1. Melihat Buku Panduan Pada Kendaraan

Langkah pertama yang perlu dilakukan adalah merujuk pada buku manual kendaraan itu sendiri. Buku manual ini adalah panduan resmi dari produsen kendaraan dan biasanya mencantumkan rekomendasi jenis oli yang sebaiknya digunakan.

Informasi ini berharga karena produsen telah melakukan uji coba dan penelitian untuk menentukan oli yang paling cocok dengan mesin kendaraan mereka. Oleh karena itu, manual book menjadi panduan terbaik untuk memilih oli yang sesuai dengan jenis kendaraan.

2. Perhatikan Kode Sertifikasi API dan SAE pada Kemasan Oli

Terdapat kode-kode yang mengacu pada jenis oli yang sesuai. Kode ini mengikuti standar American Petroleum Institute (API) dan Society of Automotive Engineers (SAE).

Pada SAE Semakin tinggi angkanya, maka semakin kental tingkat viskositas olinya. Sebaliknya Jika angka semakin rendah, maka oli akan semakin encer.

Memilih oli yang sesuai dengan spesifikasi kendaraan merupakan salah satu cara untuk menghemat serta memperpanjang usia pakai kendaraan.

3. Membeli Produk dari Toko dan Distributor Terpercaya

Selanjutnya, konsumen juga harus memastikan membeli oli dari outlet terpercaya guna terjamin keasliannya. Dengan menggunakan oli yang asli, memastikan kita mendapatkan kualitas dan perlindungan yang sesuai dengan kebutuhan kendaraan.

Menggunakan oli yang sesuai dengan rekomendasi produsen adalah kunci untuk menjaga performa mesin dan memperpanjang umur mesin kendaraan.

Pilihan Editor: Ini Cara Bridgestone Indonesia Ekspansi Komunikasi ke Ranah Digital

Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di grup Telegram pilih grup GoOto

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi