Kecelakaan Beruntun di GT Halim, Begini Cara Hadapi Pengemudi Ugal-ugalan
Reporter: Dicky Kurniawan
Editor: Rafif Rahedian
Rabu, 27 Maret 2024 17:00 WIB
Kecelakaan beruntun di depan gerbang Tol Halim, Rabu, 27 Maret 2024. Instagram/TMCPoldaMetroJaya
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, Jakarta - Kecelakaan beruntun terjadi di Gerbang Tol Halim Utama pada Rabu pagi, 27 Maret 2024 pukul 08.55 WIB. Insiden tersebut diketahui disebabkan oleh pengemudi truk yang ugal-ugalan, dan melibatkan tujuh unit kendaraan.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Jasamarga Metropolitan Tollroad menjelaskan bahwa truk datang dari arah Jatiwaringin dan berkendara secara tidak teratur mendekati Gerbang Tol Halim Utama. Truk itu pun akhirnya menabrak beberapa kendaraan di depannya dan terbalik miring.

Berhadapan dengan pengemudi ugal-ugalan tentunya akan membuat kita merasa kurang nyaman. Bila ditanggapi, pastinya akhirnya Anda yang merugi dan sebaiknya tenangkan diri terlebih dahulu.

Berikut tips menghadapi pengemudi ugal-ugalan di jalan, dilansir dari laman Nissan Indonesia pada hari ini, Rabu, 27 Maret 2024:

1. Beri Jarak Mobil

Pengemudi ugal-ugalan memiliki emosi dan perilaku yang labil. Tak jarang pengemudi selalu berkendara dengan tergesa-gesa, menyerobot jalur lain, melaju zig-zag dengan kecepatan tinggi, hingga tak segan-segan menyerempetkan mobil ke mobil lain. 

Kondisi ini sangat merugikan pengemudi lain. Jika bertemu pengendara seperti ini, disarankan untuk memberi jarak dari mobil, dengan jarak aman sekitar 4 meter dari mobil Anda dan tetap pertahankan posisi ini sampai pengemudi ugal ini menjauh.

2. Jangan Terpancing Emosi

Jika bertemu pengemudi ugal-ugalan, berusahalah agar tidak terpancing emosi yang disebabkan oleh provokasi pengendara ugal tersebut. Sangat disarankan untuk tidak melakukan kontak mata dengan pengemudi seperti itu, baik secara langsung maupun melalui spion, karena bisa memancing pengendara tersebut untuk menyerang Anda.

3. Tetap Fokus Berkendara

Bertemu pengendara ugal-ugalan mungkin dapat memecah konsentrasi berkendara Anda, Jangan mengalihkan konsentrasi dari jalan dan mobil yang Anda kendarai. Biarkan pengemudi ugal tersebut mendahului dan mengalah untuk memberikan jalan agar pengendara tersebut semakin menjauh.

4. Patuhi Rambu Lalu Lintas

Pengendara ugal-ugalan biasanya tidak paham dengan rambu lalu lintas. Kemungkinan bahwa Anda lah yang justru menjadi penyebab emosi pengemudi tersebut karena mengabaikan rambu lalu lintas. Oleh karena itu, patuhilah rambu lalu lintas sebaik mungkin.

5. Laporkan Jika Sudah Meresahkan

Jangan ragu untuk melaporkan pengemudi yang ugal-ugalan tersebut. Pastikan Anda mengantongi ciri kendaraan, nomor polisi, lokasi kejadian, serta arah perjalanan kendaraan tersebut agar dapat ditindak lanjuti.

Pilihan Editor: 3 Fakta yang Terjadi di MotoGP Portugal, Pedro Acosta Ukir Sejarah

Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di membership.tempo.co/komunitas pilih grup GoOto

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi