Indomobil Bakal Datangkan Mobil Listrik Cina GAC Aion ke Indonesia
Reporter: Erwan Hartawan
Editor: Kusnadi Chahyono
Jumat, 29 Maret 2024 17:00 WIB
GAC Aion di Bangkok International Motor Show 2024. (Foto: GAC Aion)
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, Jakarta - Satu merek mobil listrik asal Cina akan kembali meramaikan pasar otomotif Indonesia. Kali ini merek bernama GAC Aion yang bakal memperkenalkan produknya di Tanah Air.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Kepastian tersebut diketahui melalui surat undangan ke redaksi Gooto yang  disebut akan mendatangi perjanjian kersama dengan Indomobil.

“Menandai kehadirannya di Indonesia, Indomobil Group mengundang rekan media untuk hadir dalam prosesi penandatanganan kerjasama antara GAC Aion dan Indomobil Group yang akan diselenggarakan pada Selasa 2 April 2024,” tulis surat undangan tersebut.

Sebelum keluarnya surat tersebut, mobil GAC memang sudah beberapakali melakukan uji coba di Indonesia. Namun, model yang tertangkap tersebut bukan Aion, melain sub-brand GAC lainnya, yakni Trumpchi.

Dikutip dari beberapa sumber, GAC New Energy Automobile Co., Ltd. didirikan pada 28 Juli 2017 sebagai anak perusahaan GAC Group untuk mengembangkan kendaraan energi baru yang terhubung. 

GAC Aion sudah diperkenalkan dan dijual di Thailand sejak awal tahun 2024. (Foto: GAC Aion)

Aion diperkenalkan sebagai sub-merek kendaraan listrik di bawah GAC New Energy pada tahun 2018. Model pertama, Aion S, diperlihatkan ke publik pada bulan November di Auto Guangzhou.

Pada tahun 2019 GAC mengumumkan 12 model baru, termasuk LX, V, dan Y.

Pada bulan November 2020 lalu, GAC Group resmi mengumumkan operasi independen Aion dan GAC New Energy diubah namanya menjadi GAC Aion.

Pada tahun 2021, GAC Aion mengumumkan bahwa Aion V terbaru akan dilengkapi dengan baterai graphene yang dapat mengisi daya dari 0 hingga 80% dalam waktu 8 menit, sehingga menambah daya sebesar 70 kWh.

Pada tahun 2021, GAC Aion mengumumkan stasiun pengisian daya A480 , 480 kW, 1000 V. Pengisian daya 35,1kWh (30-80%) ke Aion V 6C baru dalam waktu kurang dari 5 menit dan pengisian daya 0-80% dalam 8 menit.

Pada bulan September 2022, GAC Aion meluncurkan logo merek baru, bersama dengan merek premium baru Hyper dan produk pertamanya Hyper SSR.

GAC Aion memasuki pasar Thailand pada bulan September 2023 dengan meluncurkan Aion Y Plus setir kanan di negara tersebut. Perusahaan akan memulai perakitan mobil listrik di Thailand pada Juni 2024.

Pilihan Editor: Pameran Kendaraan Listrik Bakal Ramai, Ini Daftar Merek Peserta PEVS 2024

Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di grup Telegram pilih grup GoOto

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi