Pemudik Motor yang Menyebrang di Pelabuhan Ciwandan Bakal Dikawal Polisi
Reporter: Dicky Kurniawan
Editor: Rafif Rahedian
Sabtu, 30 Maret 2024 15:00 WIB
Pemudik motor antre menaiki KMP Elvina di Pelabuhan Ciwandan, Banten, Senin 17 April 2023. Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menerapkan aturan pembatasan angkutan barang yang diberlakukan mulai Senin April untuk mengurai kepadatan di Pelabuhan Ciwandan yang digunakan pemudik bersepeda motor dan angkutan barang. ANTARA FOTO/Indrianto Eko Suwarso
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, Jakarta - Korlantas Polri mengungkapkan akan mengawal pemudik yang menggunakan sepeda motor saat hendak menyeberang melalui Pelabuhan Ciwandan. Pengawalan dilakukan dari buffer zone atau zona penyangga hingga pelabuhan untuk penyeberangan.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

"Kami sudah melakukan rapat koordinasi, terutama untuk mengelola jalur penyeberangan, di samping beberapa strategi yang sudah kami siapkan, dealing system dan menghentikan di buffer zone," kata Kakorlantas Polri Irjen Aan Suhanan, dikutip dari laman Humas Polri hari ini, Sabtu, 30 Maret 2024.

Lebih lanjut Aan mengatakan bahwa buffer zone ini contohnya seperti di jalur arteri Cikupa. Jalur tersebut kerap terjadi kepadatan kendaraan bermotor, khususnya kendaraan roda dua atau sepeda motor. 

"Jadi, pengawalannya dari mulai buffer zone yang sudah kami siapkan, nanti dikumpulkan di situ, di pelabuhan kosong, kami akan kawal sampai ke pelabuhan," ujarnya.

Pengawalan pemudik motor ini bertujuan mengantisipasi kemacetan di jalur arteri menuju pelabuhan. Dengan demikian, kepadatan yang terjadi di pelabuhan penyeberangan dapat diantisipasi dari buffer zone.

Pilihan Editor: All-New Kia K4 2025 Diperkenalkan dengan Mesin Turbocharged

Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di membership.tempo.co/komunitas pilih grup GoOto

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi