Waspada CVT Jebol! Simak 4 Tanda Oli Gardan Wajib Diganti
Reporter: Erwan Hartawan
Editor: Rafif Rahedian
Senin, 1 April 2024 15:00 WIB
Mekanik sedang melakukan pekerjaan servis sepeda motor di bengkel resmi Honda. Dok. AHM
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, Jakarta - Pada motor matik terdapat pelumas tambahan yang harus diberikan selain oli mesin, yakni oli gardan. Oli gardan ini digunakan untuk memberikan pelumasan pada bagian transmisi, yang berfungsi melindungi dan mengoptimalkan kinerja pada area CVT (continuosly variable transmission), seperti gear dan bearing-bearing di dalamnya.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Oli gardan motor matik yang telah terkontaminasi bisa membuat kinerja mesin menjadi terganggu. Seiring berjalannya waktu dan lamanya pengoperasian kendaraan matic, tingkat kekentalan pada oli gardan juga akan semakin berkurang dan terkontaminasi. 

Bila ini terjadi, hal itu dipastikan menjadi pertanda bahwa oli gardan motor matic habis dan harus segera diganti. Dilansir dari Wahana Honda, terdapat empat ciri oli gardan motor matik perlu diganti sebagai berikut:

1. Overheat

Ciri yang menandakan bahwa oli gardan motor matic habis adalah ketika kendaraan mengalami overheating. Ini disebabkan karena gardan tidak mendapat pelumasan dengan baik. 

Akibatnya, timbul gesekan antara komponen yang ada pada gardan tersebut sehingga meningkatkan suhu sampai overheating. 

2. Bau Tidak Sedap 

Apabila saat dinyalakan, motor matic mengeluarkan bau tak sedap, hal tersebut bisa jadi oli gardannya habis atau sudah terlalu kotor. Jika sudah seperti ini, jangan ditunda lagi, segera bawa kendaraan ke bengkel resmi terdekat untuk mengganti oli gardan. 

3. Bearing Gardan Goyang 

Dampak telat mengganti hingga menyebabkan oli gardan motor matic habis bisa memicu kerusakan pada beberapa bearing yang ada di dalam gardan. 

Salah satunya adalah bearing gardan pada box CVT yang berfungsi untuk menyelaraskan putaran mesin motor matic dan pulley bagian depan. 

Kondisi bearing gardan yang goyang atau rusak bisa ditandai dengan munculnya suara kasar, seiring dengan kian meningkatnya laju motor matik saat dipacu.  

4. Oli Gardan Bocor

Ciri terakhir jika oli gardan sudah benar-benar habis adalah ketika terlihat adanya tanda-tanda kebocoran oli di bagian gardan. Seperti, munculnya oli yang keluar di sekitar gardan atau di bagian bawah motor. 

Pilihan Editor: Chery Omoda E5 Sudah Dipesan Sebanyak 3.000 Unit

Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di membership.tempo.co/komunitas pilih grup GoOto

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi