Jumlah Pelanggar Tilang Elektronik Naik 15 Persen Selama Libur Lebaran 2024
Reporter: Dicky Kurniawan
Editor: Rafif Rahedian
Senin, 15 April 2024 19:00 WIB
Kendaraan melintas di bawah Kamera Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE) di Jalan Jenderal Gatot Subroto, Jakarta, Selasa, 21 Februari 2023. Polda Metro jaya akan memperluas jangkauan Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE) dengan menambahkan 70 kamera ETLE statis dan 60 ETLE mobile. Hal ini dilakukan guna meningkatkan kedisiplinan berkendara di DKI Jakarta. TEMPO/M Taufan Rengganis
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, Jakarta - Dirgakkum Korlantas Polri Brigjen Pol Raden Slamet Santoso mengatakan bahwa jumlah pelanggar tilang elektronik atau Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE) meningkat selama libur Lebaran 2024. Jumlahnya naik 15,9 persen dibanding pelanggaran tahun lalu.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

"Dari data kami itu, ETLE statis itu hampir naik 91 persen dibanding tahun lalu. Kemudian, ETLE mobile itu naik 13 persen, sehingga total pelanggaran yang kami tindak itu naik 15,9 persen," kata Slamet, dikutip dari laman NTMC Polri hari ini, Senin, 15 April 2024.

Peningkatan ini ditengarai perluasan kamera ETLE yang sudah tersebar di kota/provinsi se-Indonesia, sehingga lebih banyak lagi pelanggaran lalu lintas yang terdeteksi tilang elektronik. Slamet mengatakan bahwa jumlah ETLE di tahun ini sudah tersebar di setiap provinsi.

Sementara itu, kepolisian juga mengungkapkan masih banyak masyarakat yang mengabaikan pemberlakuan ganjil genap pada saat arus mudik Lebaran 2024. 

"Banyak masyarakat yang sedikit abai terhadap sosialisasi kami tentang pelaksanaan penggunaan ganjil genap, sehingga itu yang perlu kami evaluasi. Mudah-mudahan pada saat arus balik itu bisa ditaati," ujarnya.

Slamet mengimbau masyarakat untuk memastikan kesehatan fisik dan kendaraannya saat melakukan perjalanan arus balik Lebaran 2024. Jika pengendara lelah, disarankan untuk beristirahat di rest area dan mengikuti arahan petugas di lapangan.

Pilihan Editor: Marc Marquez Terjatuh di MotoGP Amerika karena Masalah Rem

Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di membership.tempo.co/komunitas pilih grup GoOto

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi