BYD Bakal Luncurkan Baterai Blade Generasi Kedua Tahun Ini
Reporter: Dicky Kurniawan
Editor: Rafif Rahedian
Selasa, 16 April 2024 09:00 WIB
Model display baterai Blade pada chassis sebuah mobil dipamerkan di kantor pusat BYD di Shenzhen, Cina, 20 Desember 2023. TEMPO/Wawan Priyanto
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, Jakarta - BYD melalui anak perusahannya, FinDreams, akan meluncurkan generasi kedua dari baterai blade lansirannya. Berbeda dengan generasi sebelumnya, baterai generasi terbaru ini diklaim memiliki kepadatan energi yang diperkirakan mencapai 190 Wh/kg.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Disitat dari laman CarNewsChina hari ini, Selasa, 16 April 2024, baterai Blade BYD generasi pertama diperkenalkan pada 2020. Baterai ini merevolusi industri kendaraan listrik dengan membuat baterai Lithium Ferro-Phosphate (LFP) yang lebih murah dan padat daya, yang membuatnya menjadi pesaing baterai NCM (Nickel Cobalt Manganese).

Saat diperkenalkan, baterai Blade generasi pertama memiliki kepadatan energi 140 Wh/kg, yang kemudian ditingkatkan menjadi 150 Wh/kg. Pada generasi kedua ini, baterai Blade akan memiliki ukuran yang lebih kecil dan bobot yang lebih ringan untuk daya tahan yang sama, serta konsumsi daya akan berkurang per 100 kilometer.

Baterai Blade generasi kedua ini diperkirakan mampu memberikan daya jangkau kendaraan hingga 1.000 kilometer. Jika baterai generasi terbaru tersebut mampu mencapai kepadatan energi hingga 190 Wh/kg, maka ini akan menjadikannya baterai LFP dengan performa tertinggi hingga saat ini.

Baterai Blade generasi terbaru diyakini tidak hanya akan meningkatkan kepadatan energi, namun juga mengoptimalkan ukuran, berat, dan konsumsi daya baterai, sehingga semakin meningkatkan jangkauan dan kinerja kendaraan listrik. Pada akhirnya, akan menghasilkan kendaraan listrik yang lebih murah.

DICKY KURNIAWAN | CARNEWSCHINA

Pilihan Editor: Marc Marquez Terjatuh di MotoGP Amerika karena Masalah Rem

Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di membership.tempo.co/komunitas pilih grup GoOto

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi