VW dan Xpeng Bakal Bikin Mobil Listrik Murah pada 2026
Reporter: Dicky Kurniawan
Editor: Rafif Rahedian
Jumat, 19 April 2024 09:00 WIB
Logo produsen mobil Jerman Volkswagen terlihat di mobil yang diparkir di jalan di Paris, Prancis, 9 Juli 2020. [REUTERS / Christian Hartmann]
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, Jakarta - Volkswagen (VW) menggandeng Xpeng untuk mengembangkan platform kendaraan listrik baru yang lebih murah. Tujuannya adalah mengurangi biaya produksi dan membantu memulihkan pangsa pasar mereka di pasar Tiongkok.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Melansir laman Carscoops hari ini, Jumat, 19 April 2024, China Electrical Architecture (CEA) adalah hasil kerja sama antara Xpeng, Volkswagen China Technology Company (VCTC) dan CARIAD China. Arsitektur ini akan memangkas biaya sebesar 40 persen dibandingkan dengan platform MEB saat ini.

Penghematan biaya sebagian berasal dari pengurangan 30 persen pada jumlah unit kontrol elektronik. Sistem komputer terpusat dan struktur sub-sistem zonal juga memudahkan VW untuk menerapkan pembaruan melalui over-air, serta menerapkan teknologi baru seperti fitur mengemudi otonom yang dapat diperbarui secara terus-menerus dan lancar.

VW akan meluncurkan platform tersebut ke pasar Cina pada 2026 dalam bentuk dua kendaraan kelas menengah, di mana model pertama adalah SUV. Pada tahun yang sama, VW juga akan meluncurkan platform kedua khusus pasar Cina, yakni China Main Platform (CMP), yang dikembangkan bersama oleh VCTC dengan SAIC Volkswagen dan FAWVolkswagen.

Arsitektur China Main Platform (CMP) dirancang untuk mobil dengan harga yang lebih terjangkau dibanding CEA. Pada awalnya, VW akan menghasilkan empat model kendaraan dari platform CMP ini.

DICKY KURNIAWAN | CARSCOOPS

Pilihan Editor: Sopir Arogan Pakai Pelat TNI Palsu dan Ngaku Adik Jenderal

Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di membership.tempo.co/komunitas pilih grup GoOto

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi