Mengenal Fungsi Fitur Canggih di Toyota Yaris Cross Hybrid
Reporter: Gooto.com
Editor: Rafif Rahedian
Minggu, 21 April 2024 16:00 WIB
Toyota Yaris Cross hadirkan pilihan hybrid dan mesin konvensional 1.500 cc. (Foto: Tempo/Kusnadi)
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, JakartaToyota Yaris Cross Hybrid merupakan mobil elektrifikasi kedua yang diproduksi Toyota secara lokal setelah Innova Zenix Hybrid. Mobil hybrid ini memiliki respons cukup baik dan konsumsi BBM (bahan bakar minyak) yang efisien.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Yaris Cross Hybrid hadir di pasar otomotif Indonesia dengan dua tipe, yakni 1.5 S HV CVT (Spot Order) dan 1.5 S HV CVT (with GR Parts Aero Package). Keduanya dilengkapi mesin 2NR-VEX 1.500cc 4 silinder berteknologi hybrid dengan Atkinson Cycle.

Dengan mesin tersebut, model ini dapat mengeluarkan tenaga sebesar 67 kW pada 5.500 rpm dan daya motor listriknya mencapai 59 kW. Sedangkan torsi puncaknya bisa mencapai 121 Nm pada 4.000-4.800 rpm, dan torsi motor listriknya 141 Nm.

Toyota Yaris Cross Hybrid juga dibekali fitur Safety & Security yang meliputi 6 Airbags (Driver + Passenger + Side + Curtain), Alarm & Immobilizer, Emergency Brake Signal (EBS) dan Parking Sensor Front & Rear Clearance Sonar.

Mobil hybrid ini sudah mengusung sistem Toyota Safety Sense. Salah satunya dengan menawarkan Beyond Safety untuk memastikan keamanan dengan menahan benturan untuk meminalkan cedera.

Semua tipe Yaris Cross Hybrid turut dibekali Pre-Collision Warning dan Pre-Collision Braking. Fitur keamanan tersebut menghadirkan system kamera dan radar yang membantu mengurangi risiko kecelakaan serta kerusakan pada tabrakan frontal.

Ada juga Lane Departure Warning dan Lane Departure Prevention yang dapat membantu pengemudi saat melewati jalur yang tidak diinginkan dengan peringatan visual dan suara, plus bantuan kemudi. Lalu hadir pula Adaptive Cruise Control yang mendeteksi kendaraan di depan, sehingga mobil berada di jarak yang aman.

Toyota turut membekali mobil ini dengan fitur Front Departure Alert yang memperingati pengemudi dengan suara saat mendahului kendaraan yang bergerak di lalu lintas. Lane Keeping Control juga hadir untuk membantu pengemudi meminimalisir goyangan kendaraan saat berkendara di jalan lurus.

Yaris Cross Hybrid juga dibekali Automatic High Beam yang dapat mendeteksi kendaraan di depan melalui lampu, dan dapat mendeteksi secara dini terhadap pejalan kaki atau rintangan lain. Lalu ada Pedal Misoperation Control yang berfungsi mencegah tabrakan depan saat parkir agar tidak menginjak gas secara tidak sengaja.

Fitur lainnya adalah Panoramic View Monitor untuk meningkatkan visibilitas sekeliling kendaraan saat mengemudi dan parkir. Blind Spot Monitoring juga hadir sebagai sistem bantuan mengemudi yang memberi tahu pengendara lewat sinyal grafis di kaca spion, jika ada kendaraan lain yang bergerak di area titik buta.

Selanjutnya ada Rear Cross-Traffic Alert untuk menambah pandangan ke belakang yang luas untuk menunjang keselamatan ketika membelokkan objek di belakang saat bermanuver mundur.

Toyota Yaris Cross Hybrid turut menghadirkan Vehicle Stablity Control untuk menjaga kestabilan kendaraan saat melakukan tikungan tajam agar tidak terjadi over atau understeering. Terakhir, ada Hill Start Assist yang berfungsi mencegah kendaraan mundur atau turun saat berada di tanjakan.

Selain fitur keamanan, Yaris Cross Hybrid juga menawarkan teknologi kenyamanan di bagian interior. Beberapa di antaranya adalah Fancy Panoramic Glass Roof with Power Sunshade, Marvelous 10.1" Display Audio with Wireless Smartphone Connectivity, dan Neat Electric Seat Adjuster.

Lalu Multicolor Ambient Illumination Light with Voice Command Control, Endearing Drive Mode (ECO, Normal, Power), Modern Wireless Charger, Convenient Steering Wheel with Switch Button, Deluxe Leather Seat, Convenient Auto A/C, Dash Camera DVR, Captivating 7" TFT MID, dan Refined Electric Parking Brake.

Khusus untuk tipe Toyota Yaris Cross Hybrid with GR Parts Aero Package, terdapat logo GR di Convenient Steering Wheel with Switch Button dan Deluxe Leather Seat.

Pilihan Editor: Formula 1 Cina: Kata Fernando Alonso Usai Senggolan dengan Carlos Sainz

Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di membership.tempo.co/komunitas pilih grup GoOto

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi