Thailand Minat Gelar Formula 1, Bakal Siapkan Sirkuit Jalanan
Reporter: Dicky Kurniawan
Editor: Rafif Rahedian
Rabu, 24 April 2024 13:00 WIB
Max Verstappen dan Sergio Perez dari Red Bull beraksi saat balapan F1 GP Jepang di Sirkuit Suzuka, Jepang, Minggu, 7 April 2024. REUTERS/Androniki Christodoulou
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, Jakarta - Perdana Menteri Thailand Srettha Thavisin mengatakan negaranya berminat menggelar balap mobil Formula 1. Jika bisa menjadi tuan rumah, Thailand akan menggunakan sirkuit jalanan seperti Grand Prix Singapura, Monaco, hingga Las Vegas.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

"Thailand memiliki kapasitas untuk menjadi tuan rumah Formula 1 di Bangkok," kata Srettha, dikutip Gooto dari laman AFP hari ini, Rabu, 24 April 2024.

"Jika berhasil, saya yakin negara kami akan membawa kenangan yang mengesankan bagi negara lain karena kami memiliki potensi, kapasitas, dan keramahtamahan masyarakat Thailand yang tepat," ujarnya melanjutkan.

Belum ada jangka waktu atau rencana detail soal rencana tersebut. Namun, para pejabat Thailand mengatakan bahwa mereka membayangkan balapan tersebut akan diadakan di sirkuit jalan raya, yang mungkin berada di sekitar pusat bersejarah Kota Bangkok.

Srettha mengungkapkan bahwa pihaknya ingin mendorong inisiatif "soft power" untuk meningkatkan profil Thailand. Dengan menggelar F1, diharapkan bisa mendorong pariwisata, terlebih saat ini perekonomian negara masih banyak bergantung pada kunjungan turis pasca pandemi Covid-19.

"Pada dasarnya, jika F1 digelar di Thailand, kami ingin diadakan di jalan raya. Kami sedang menangani masalah ini," ujar Juru Bicara Pemerintah Thailand Chai Watcharong.

Pembicaraan soal keinginan menggelar F1 ini disampaikan Srettha saat menjamu Bos Formula 1 Stefano Domenicali pada Senin, 22 April 2024. F1 juga diketahui ingin menyelenggarakan balapan di banyak negara dan sirkuit jalanan.

DICKY KURNIAWAN | AFP

Pilihan Editor: MotoGP: Alex Marquez Masih Kesulitan dengan Motor Ducati GP23

Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di membership.tempo.co/komunitas pilih grup GoOto

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi