Test Drive Seres E1 di PEVS 2024: Mungil tapi Tidak Sesak
Reporter: Gooto.com
Editor: Rafif Rahedian
Sabtu, 4 Mei 2024 15:00 WIB
Test drive mobil listrik Seres E1 di PEVS 2024. (Gooto/Rafif Rahedian)
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, Jakarta -  Redaksi Gooto berkesempatan menjajal mobil listrik mungil Seres E1 Type L di pameran Periklindo Electric Vehicle Show (PEVS 2024). Kami mencoba test drive kendaraan listrik keluaran PT Sokonindo Automobile ini di area JIExpo Kemayoran.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Pada area test drive PEVS 2024, kami tidak melewati banyak medan. Karena lokasi yang terbatas, kami hanya memutar sebanyak dua kali tanpa adanya obstacle menantang. 

Saat memasuki kabin Seres E1, Gooto tidak merasakan kesempitan di balik kemudinya. Saya yang memiliki tinggi badan sekitar 175 cm dan berat 70-an kg, tidak merasa sesak saat duduk di kabin mobil listrik mungil ini.

Meski Seres E1 terlihat mungil dan kecil dari luar, namun saya masih tetap merasa nyaman untuk mengendarainya dalam jarak dekat. Jarak antara kepala dan atap mobil pun tidak terlalu mepet, serta jarak pandang atau visibilitas dari kursi kemudi pun sangat jelas.

Seperti mobil listrik pada umumnya, Seres E1 memiliki tarikan yang halus di awal. Saat dipacu di jalanan rata, kendaraan listrik ini juga tetap nyaman. Bahkan ketika melewati jalanan yang tidak rata dengan kecepatan cukup tinggi, suspensi mobil listrik ini tidak begitu keras.

Ketika dibawa meliak-liuk, Seres E1 terbilang cukup baik. Dengan bodinya yang kecil, pengemudi juga tak perlu mengambil ancang-ancang yang jauh saat ingin memutar balik. Ini bisa menjadi aalah satu keunggulan mobil listrik mungil tersebut.

Spesifikasi Seres E1

Seres E1 Type L yang kami jajal ini memiliki dimensi panjang 3.030 mm, lebar 1.495 mm dan tinggi 1.640 mm. Sedangkan jarak sumbu rodanya 1.960 mm. Mobil listrik ini hanya bisa ditumpangi empat orang, termasuk pengemudi.

Bicara suspensi, Seres E1 menggunakan Macpherson (bagian depan) + Torsion Beam Multilink (belakang). Sedangkan sistem pengeremannya dibekali Disc pada bagian depan dan belakang.

Seres E1 juga menyematkan fitur kenyamanan dan keselamatan, seperti Tire Pressure Monitoring System (TPMS), Rear Parking Camera, Parking Sensor, Electric Parking Brake, Hill Hold Control (HHC), Electronic Stability Control (ESC) with Traction Control System (TCS), dan Anti-lock Braking system + Electronic Brake Distribution (ABS+EBD).

Lalu terdapat juga Brakes Asssist (BA), Airbag System, Event Data Recording System (EDRS), Automatic Lock & Collision Unlock, AC Type 2 Charging, Cruise Control, Collision Power Failure Protection, hingga High Voltage Safety Monitoring.

Seres E1 menggunakan baterai Lithium Iron Phosphate (IP67) berkapasitas 16,8 kWh. Dengan komponen tersebut, mobil listrik mungil ini dapat menjangkau jarak tempuh maksimal hingga 220 kilometer. Baterai tersebut mampu mengeluarkan tenaga sebesar 30 kW dan torsi 100 Nm.

Mobil listrik ini dijual dengan harga Rp 219 juta on the road (OTR) Jabodetabek. Sedangkan untuk Seres E1 Type B dipasarkan dengan banderol Rp 189 juta. Sekedar informasi, keduanya memiliki perbedaan baterai, di mana Type B menggunakan IP67 berkapasitas 13,8 kWh dengan jarak tempuh maksimal 180 km.

Pilihan Editor: Pemain Timnas Indonesia U-23 Dapat Harga Khusus jika Ingin Beli Mobil Toyota

Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di grup Telegram pilih grup GoOto

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi