Mercedes-Benz Unimog Pemadam Kebakaran akan Tampil di RETTmobil
Reporter: Gooto.com
Editor: Kusnadi Chahyono
Sabtu, 11 Mei 2024 17:00 WIB
Mercedes-Benz Unimog Pemadam Kebakaran berbasis Unimog U 5023. (Foto: Mercedes)
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, JakartaMercedes-Benz Special Trucks di pameran khusus RETTmobil yang digelar di Fulda, 15-17 Mei 2024 akan memajang rancangan Mercedes-Benz Unimog Pemadam Kebakaran.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Tentunya dengan fitur off-road yang dimiliki, kendaraan ini dirancang untuk pengoperasian di medan yang sangat sulit, seperti kebakaran hutan dan vegetasi atau penanganan dan penyelamatan korban banjir.

Unimog U 5023 segala medan menawarkan serangkaian fitur teknis yang melengkapinya untuk pengoperasian di medan berat dan terutama untuk pemadaman kebakaran hutan. 

Mercedes-Benz Unimog U 5023 sebagai pemadam kebakaran hutan. (Foto: Mercedes)

ground clearance yang tinggi yaitu 50 sentimeter, Unimog dapat melewati banyak rintangan bahkan di medan yang ekstrim dan mendaki lereng yang curam berkat ramp dan sudut kemiringan yang besar.

Kombinasi ban khusus off-road dan sistem pengaturan tekanan ban terintegrasi, yang memungkinkan penyesuaian tekanan ban dengan cepat saat berkendara, memastikan traksi di berbagai permukaan. Kemampuan mengarungi yang disebut hingga 1,2 meter sebagai tambahan opsional memungkinkan kru untuk berkendara melewati sungai atau menggunakan kendaraannya di daerah banjir.

Unimog juga dilengkapi dengan perlindungan panas di semua lini operasional yang relevan, yang meningkatkan keselamatan layanan darurat dan keandalan kendaraan di lingkungan yang intensif panas.

Unimog U 5023 dilengkapi dengan superstruktur Rosenbauer yang memenuhi persyaratan TLF 3000 sesuai dengan standar pemadam kebakaran DIN-14530-22. Tangki menampung 3.000 liter dan bahan pemadam disalurkan melalui pompa pemadam kebakaran sentrifugal FPN 10-2000 sesuai dengan DIN EN 1028. 

Perangkat pemadam untuk penanggulangan bencana kebakaran hutan. (Foto: Mercedes)

Tangga lipat dan anti selip memudahkan akses ke kompartemen peralatan, sementara lampu tangga semakin meningkatkan keselamatan kru darurat di malam hari. Untuk pengoperasian dalam kegelapan, pencahayaan sekitar dengan sekitar 5.000 lumen per meter tersedia di kapal dan peralatan lain seperti tiang lampu dapat ditambahkan.

Rangka aluminium yang dilas pada superstruktur Rosenbauer memastikan stabilitas tinggi dan bobot rendah, sedangkan distribusi bobot terbaik antara penggerak depan dan belakang serta pusat gravitasi rendah mengoptimalkan karakteristik pengendalian kendaraan. 

Perihal superstrukturnya, sudut kemiringan di bagian belakang adalah 42 derajat, yang juga memungkinkan berkendara di medan off-road yang sangat menantang dengan topografi yang berubah-ubah. 

Unimog KBM Motorfahrzeuge GmbH & Co. KG akan menghadirkan Unimog multifungsi dengan crane dan modul proteksi kebakaran hutan (GW-L KatS). (Foto: Mercedes)

Unimog KBM Motorfahrzeuge GmbH & Co. KG akan menghadirkan Unimog multifungsi dengan crane dan modul proteksi kebakaran hutan (GW-L KatS). 

Göbel Fahrzeugbau akan menghadirkan Unimog U 5023 sebagai kendaraan perlengkapan logistik dengan daya angkat vertikal.

Pilihan Editor: Mercedes-AMG CLE 53 4MATIC+ Cabriolet

Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di grup Telegram pilih grup GoOto

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi