Riset: Tesla Jadi Jawara Mobil Listrik Inovatif, Tapi Dibayangi Pabrikan Mobil Cina
Reporter: Dicky Kurniawan
Editor: Kusnadi Chahyono
Selasa, 21 Mei 2024 15:30 WIB
Produksi Tesla Cybertruck. (Foto: Tesla)
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, Jakarta - Berdasarkan riset atau survei Future Readiness Indicator (FRI) atau Indikator Kesiapan Masa Depan 2024 yang dirilis The International Institute of Management and Development (IMD), pabrikan mobil listrik asal Amerika Serikat, Tesla masih memegang takhta perusahaan otomotif paling inovatif di dunia.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Posisi Tesla ini diikuti BYD asal Cina, kemudian Volkswagen AG asal Jerman di posisi ketiga, Stellantis NV asal Belanda di peringkat keempat, serta Hyundai Motor dari Korea Selatan di peringkat kelima.

"Indikator ini selalu bergerak dinamis. Menurunnya peringkat perusahaan dalam daftar bukan berarti perusahaan itu tidak inovatif. Inovasi merek tidak cukup pesat, sehingga diambil alih oleh para pesaing," kata Direktur IMD Center for Future Readiness, Howard Yu dalam siaran pers yang diterima Gooto pada hari ini, Selasa, 21 Mei 2024.

Yu menyontohkan hal yang terjadi pada Toyota, di mana pabrikan mobil Jepang ini peringkatnya terus merosot dari posisi dua di tahun 2022, peringkat 10 di 2023, dan kini berada di posisi 11. Posisi Toyota dilewati BYD, Neo, dan Lee Auto dari mobil Cina.

"Mengapa peringkat Toyota jatuh? Bukan karena mereka tidak membuat persiapan untuk kendaraan listrik, tapi inovasi mereka tidak bergerak secepat kompetitor mobil Cina," ujarnya.

Tesla berhasil mempertahankan posisinya di peringkat teratas dengan skor 100 pada tahun 2023 dan 2024. Namun, perusahaan yang dipimpin Elon Musk ini perlu waspada lantaran banyak pesaing yang mulai menempel posisi Tesla.

Misalnya, raksasa EV Tiongkok, BYD yang terus meningkatkan skor daya saing mereka dari 74,7 di 2023 menjadi 78,20 pada tahun ini. Ditambah lagi di kuartal ketiga 2023, untuk pertama kalinya penjualan BYD dapat melampaui Tesla, meskipun akhirnya penjualan Tesla kembali unggul pada Q1 2024.

"Temuan yang paling mengejutkan adalah bagimana supremasi Tesla di industri mobil listrik sangat cepat teralihkan. Tesla masih nomor satu, tapi selisih skor dengan peringkat di bawahnya semakin menipis," ujar Yu memungkasi.

Pilihan Editor: Honda Kejar Target Elektrifikasi Mobilnya pada Tahun 2024

Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di grup Telegram pilih grup GoOto

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi