Strategi Mobil Listrik Cina untuk Mendominasi Pasar Otomotif Global
Reporter: Dicky Kurniawan
Editor: Rafif Rahedian
Rabu, 22 Mei 2024 12:00 WIB
Jetour X70 Plus. (Foto: GOOTO/Rafif Rahedian)
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, Jakarta - Direktur The International Institute of Management and Development (IMD) Center for Future Readiness, Howard Yu mengatakan bahwa pabrikan Tiongkok akan menguasai sepertiga pasar mobil listrik global pada 2030. Hal ini imbas dari harga yang bersaing dan inovasi yang agresif.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Apalagi produsen mobil Cina seperti Geely, Nio, dan Li Auto memang membanderol kendaraan listrik mereka dengan harga terjangkau. Langkah ini memberi produsen mobil listrik Cina keunggulan kompetitif dan menjadi ancaman serius bagi para manufaktur mobil asal Eropa.

Melihat dominasi Cina di sektor industri kendaraan listrik yang makin agresif dengan banderol harga murah, belakangan Presiden AS Joe Biden mengumumkan tarif pajak 100 persen. Tarif ini berlaku untuk melindungi pabrikan mobil listrik AS dari serbuan kendaraan listrik impor asal Tiongkok.

"Ke depannya pabrikan mobil listrik Cina bakal menerapkan sistem white-label untuk mengakali aturan tarif ini. Mirip dengan strategi Intel Inside, di mana produsen laptop menggunakan prosesor Intel tanpa merakit CPU mereka sendiri," kata Yu dalam keterangan resmi yang diterima Gooto pada hari ini, Rabu, 22 Mei 2024.

Pabrikan Cina akan menjual komponen, baterai, teknologi, atau semikonduktor mereka. Saat ini, BYD juga sudah memasok chipset dari pabrik semikonduktor mereka ke Fiat dan Toyota di Cina, jadi, hal serupa besar kemungkinan akan diterapkan ke negara-negara lain termasuk AS.

"Dengan cara ini, margin yang didapat bisa lebih besar. Sebagai contoh, tidak ada produsen yang mendapat uang dari AC rakitan. Pendapatan terbesar ada di produsen kompresor," ujar Yu.

"Sama halnya dengan PC, merakit PC tidak menghasilkan uang lebih banyak dari mereka yang menjual chipset dan perangkat lunak. Jadi, saya kira industri mobil bergerak ke arah yang sama," ucap Yu memungkasi.

Pilihan Editor: Rasanya Menjajal Tank 500, Mobil Hybrid GWM Seharga Rp 1,19 Miliar

Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di grup Telegram pilih grup GoOto

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi