VW Space Up Hanya Rp 100-an Juta  
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Selasa, 14 Juli 2009 23:50 WIB
Mobil baru dari Volkswagen yang diberi nama Space UP! rencananya akan dibawa ke Indonesia di kisaran harag Rp 100 juta. (REUTERS/Radovan Stoklasa)
TEMPO Interaktif, Jakarta - Pasar otomotif di tanah air sepertinya harus siap menerima pendatang baru. PT Garuda Mataram Motor (GMM), pemegang merek Volkswagen dan Audi di Indonesia, mengungkapkan informasi bakal memboyong VW Space Up di kisaran harga Rp 100-an juta.

Mahalnya harga model-model VW yang ada di Indonesia saat ini disadari betul oleh GMM. Karenanya, mereka berencana memboyong mobil yang mereka labeli "New Small Family" tersebut. Saat ini GMM sudah melakukan perakitan VW Touran di Indonesia. Perakitan di dalam negeri ini diharapkan bisa menurunkan biaya produksi yang berimbas pada harga jual VW Space Up nantinya.

Sebagai perbandingan Touran versi CBU berada di kisaran harga Rp 500 juta sedangkan saat ini yang dipasarkan VW Touran 1.4 TSI dibanderol Rp 395 juta.

"Artinya kalau kami bisa merakit Space di Indonesia, maka harganya akan berada di kisaran Rp 100 juta," kata Jonas Chendana, National Sales Manager PT GMM di Jakarta, Senin (13/7) kemarin.

Namun sejauh ini Jonas belum mengetahui kapan rencana itu bisa direalisasikan. Volkswagen memperkenalkan VW Space Up! pertama kali di Frankfurt Motor Show tahun 2007 lalu. Mobil ini langsung menarik perhatian karena modelnya yang unik.

Dengan panjang hanya 3.68 meter dan lebar 1.63 meter mobil ini diisi empat penumpang. Pintu yang terbuka dari tengah dan tiga kursi penumpang bisa dilipat sehingga menghasilkan ruang kargo maksimal hingga 1.005 liter.

Dalam beberapa laporan disebutkan biaya produksi Space Up hanya 900 euro (Rp 12,83 juta) per unitnya. VW rencananya akan menjaul mobil ini per unitnya di angka 9.000 euro atau sekitar Rp 128,54 juta. Nah, jika benar jadi diproduksi di Indonesia siapa tahu harganya memang di kisaran itu. Kita tunggu saja.

RAJU FEBRIAN

#Otomotif

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi