Polisi Mulai Terbitkan SIM C1 untuk Pengguna Motor 250cc ke Atas
Reporter: Dicky Kurniawan
Editor: Kusnadi Chahyono
Selasa, 28 Mei 2024 10:00 WIB
Personel Satlantas memberi arahan kepada peserta ujian praktek pembuatan Surat Izin Mengemudi (SIM) jalur baru berbentuk "S" di Polres Tegal, Jawa Tengah, Senin, 7 Agustus 2023. Polres Tegal resmi menghapus materi ujian praktik SIM untuk motor yang membentuk angka 8 dan zigzag berubah menjadi jalur ujian berbentuk huruf S dengan perubahan lintasan uji praktik, uji pengereman, zig-zag (leter S) dan uji reaksi. ANTARA/Oky Lukmansyah
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, Jakarta - Korlantas Polri mulai menerbitkan Surat Izin Mengemudi (SIM) C1 untuk pengendara motor dengan mesin 250cc ke atas. Penerbitan SIM C1 golongan baru ini bertujuan meningkatkan kompetensi pengendara motor dengan kapasitas mesin yang lebih besar.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

"Kompetensi mengemudi ini menjadi sangat penting. Kalau saya ibaratkan jalan raya ini hutan rimba, di situ ada ular kobra, ada ular piton, ada binatang buas, ada kalajengking, yang setiap saat akan memangsa kita," kata Kakorlantas Polri Irjen Pol Aan Suhanan, dikutip dari situs berita Antara pada hari ini, Selasa, 28 Mei 2024.

Menurut Aan Suhanan, jika pengendara sudah memiliki kompetensi, artinya pengendara tersebut sudah memiliki kemampuan untuk mengendarai kendaraan bermotor di jalan raya. Sebab, untuk bisa mendapatkan SIM ini, pengendara akan menjalani ujian di Satpas.

Aan Suhanan juga mengungkapkan bahwa aturan soal SIM C1 ini sebenarnya sudah ada sejak 2021. Namun, realisasinya baru dilakukan di tahun ini.

"Karena kami ingin memastikan sistem dan lain sebagainya ini bisa kami implementasikan pada saat nanti setelah launching. Sekaligus, kami juga ingin memastikan bahwa adanya perbedaan antara kompetensi SIM C dan SIM C1," ujarnya.

Dengan diterbitkannya golongan baru SIM C ini, maka kepolisian akan melakukan penyesuaian ujian SIM di masing-masing golongan. Pembagian SIM C ini ada tiga jenis, yakni SIM C, C1, dan C2, dengan kompetensi yang berbeda satu dengan lainnya.

"Ujian SIM C1 itu (motor) 250-500cc, nanti berikutnya, setahun yang akan datang, kami akan launching SIM C2 itu untuk 500cc ke atas," ucap Aan.

Peluncuran SIM C1 ini diharapkan dapat mengurangi potensi kecelakaan yang terjadi di jalan. Kemudian, juga diharapkan berkontribusi dalam rangka menciptakan pengemudi peduli terhadap keselamatan dan dalam rangka menekan angka kecelakaan lalu lintas di jalan.

"Karena nanti yang mendapatkan SIM, baik itu C1 maupun C2, betul-betul para pengemudi yang sudah punya skill, punya knowledge, dan punya attitude yang baik," kata Aan memungkasi.

Pilihan Editor: Spesifikasi Hunter Scrambler SK500, Motor untuk Ujian SIM C1

Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di grup Telegram pilih grup GoOto

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi