Ini Syarat Bikin SIM C1 untuk Pengendara Moge
Reporter: Dicky Kurniawan
Editor: Rafif Rahedian
Rabu, 29 Mei 2024 06:00 WIB
Personel Satlantas memberi arahan kepada peserta ujian praktek pembuatan Surat Izin Mengemudi (SIM) jalur baru berbentuk "S" di Polres Tegal, Jawa Tengah, Senin, 7 Agustus 2023. Polres Tegal resmi menghapus materi ujian praktik SIM untuk motor yang membentuk angka 8 dan zigzag berubah menjadi jalur ujian berbentuk huruf S dengan perubahan lintasan uji praktik, uji pengereman, zig-zag (leter S) dan uji reaksi. ANTARA/Oky Lukmansyah
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, Jakarta - Korlantas Polri telah menerbitkan golongan baru Surat Izin Mengemudi (SIM) C, yakni SIM C1. Golongan ini berlaku untuk pengendara motor dengan kapasitas mesin di 250 cc sampai dengan 500 cc, atau motor gede alias Moge.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Kakorlantas Polri Irjen Pol Aan Suhanan mengatakan bahwa untuk bisa memiliki SIM C1 ini, pengendara harus terlebih dahulu mempunyai SIM C paling tidak selama satu tahun. Dia menegaskan bahwa penerbitan SIM C1 ini sudah berlaku di seluruh Indonesia.

"Syaratnya salah satunya adalah satu tahun memiliki SIM C. Nanti, setahun yang akan datang, kami akan launching SIM C2, ini untuk (motor) 500 cc ke atas," kata Aan, dikutip dari laman Humas Polri pada hari ini, Rabu, 29 Mei 2024.

Aan mengungkapkan bahwa SIM C1 ini sudah berlaku di seluruh Indonesia sesuai dengan amanat Peraturan Polri. Di tahun depan, kepolisian akan menerapkan golongan SIM C2 untuk motor dengan kapasitas mesin di atas 500 cc.

"Ini sebenarnya amanat Perpol 05 Tahun 2021, baru kami realisasikan tiga tahun kemudian. Dengan ini sudah mulai diberlakukan ya, di seluruh Satpas di seluruh Indonesia," ucapnya.

Aan menegaskan bahwa penerbitan golongan SIM C1 ini bertujuan memastikan perbedaan kemampuan atau kompetensi pengendara, berdasarkan dengan kapasitas mesin motor yang digunakan. Secara keseluruhan, SIM sepeda motor kini akan terbagi menjadi tiga golongan, yakni SIM C, C1, dan C2.

"Kami memastikan bahwa adanya perbedaan antara kompetensi SIM C, SIM C1, nanti ada SIM C2. Itu kalau sama-sama berarti bukan peningkatan kompetensi namanya," ujar Aan memungkasi.

Pilihan Editor: Usai Cedera, Mario Aji Raih Poin Perdana di Moto2 Catalunya 2024

Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di grup Telegram pilih grup GoOto

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi