Kantor Pusat Toyota Kena Sidak, Imbas Skandal Sertifikasi Mobil
Reporter: Dicky Kurniawan
Editor: Rafif Rahedian
Selasa, 4 Juni 2024 15:00 WIB
Logo Toyota. REUTERS/Mike Cassese
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, Jakarta - Kementerian Transportasi Jepang melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke kantor pusat Toyota Motor Corporation di Prefektur Aichi hari ini, Selasa, 4 Juni 2024. Sidak ini dilakukan menyusul skandal sertifikasi kualitas kendaraan yang melibatkan tujuh model mobil lansiran Toyota.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Dalam sidak tersebut, pihak Pemerintah Jepang menanyai pejabat Toyota dan memeriksa dokumen terkait uji keselamatan, yang tidak dilakukan sesuai dengan ketentuan pemerintah. Kementerian mengatakan bahwa kemungkinan pihaknya akan memerintah Toyota untuk melakukan penarikan kembali (recall).

"Penyimpangan keselamatan ini sangat disesalkan, namun dampak keseluruhan terhadap perekonomian Jepang mungkin terbatas karena rendahnya volume produksi model yang terkena dampak," kata Menteri Transportasi Jepang Tetsuo Saito dalam konferensi pers, dikutip dari laman Kyodo News.

Sementara itu, Menteri Perindustrian Jepang Ken Saito mengatakan bahwa pihaknya akan menyelidiki dampak yang lebih luas dari skandal tersebut. Dia juga mempertimbangkan soal dukungan finansial bagi pembuat suku cadang yang mungkin diperlukan.

Sebelumnya, Toyota Motor Corporation mengakui bahwa mereka secara tidak benar memperoleh sertifikasi kendaraan untuk tujuh model mobilnya. Pabrikan mobil Jepang ini melakukan uji keselamatan dengan cara yang tidak ditentukan oleh pemerintah.

"Kami memproduksi dan menjual mobil secara massal tanpa mengikuti proses sertifikasi yang benar. Pelanggaran ini mengguncang fondasi sistem sertifikasi dan itulah yang tidak seharusnya dilakukan oleh para pembuat mobil, apa pun yang terjadi. Kami meminta maaf sebagai grup Toyota," kata Chairman Toyota Akio Toyoda.

Dari tujuh model yang terlibat dalam skandal sertifikasi ini, tiga model di antaranya masih dalam produksi, yakni Corolla Fielder, Corolla Axio, dan Yaris Cross. Sementara sisanya, Toyota mengklaim sudah dihentikan produksinya.

Toyoda mengatakan bahwa saat ini pihaknya masih melakukan penyelidikan internal dan memastikan semua kendaraan yang terlibat aman untuk dikendarai.

Pilihan Editor: Sempat Kecelakaan dan Ban Depan Bermasalah, Mario Aji Raih Poin di Moto2 Italia

Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di grup Telegram pilih grup GoOto

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi