Ferrari 458 Italia Segera Gantikan Seri F430
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Kamis, 30 Juli 2009 16:32 WIB
wikipedia
TEMPO Interaktif, Jakarta - Mobil sport dua tempat duduk Ferrari F430, yang diperkenalkan lima tahun lalu, segera pensiun dan bakal digantikan Ferrari 458 Italia. Seri terbaru Ferrari ini, bakal diperkenalkan di Pameran Otomotif Frankfurt September mendatang, memiliki rasio tenaga yang besar tapi dengan bahan bakar lebih lebih hemat.

Ferrari 458 Italia, seperti sejumlah produk terakhir mereka, dirancang oleh rumah desain mobil terkenal Pininfarina. Bentuknya mengikuti jejak Ferrari Enzo, mobil sport dengan inspirasi dari dunia balap-- yang sudah tidak diproduksi.

Nama 458 berasal dari seri mesin 4.500 cc dengan formasi V-8 yang diletakkan tepat di belakang tempat duduk. Mesin ini memiliki rasio tenaga dengan silinder terbesar dibanding mesin Ferrari lain.

Total mobil ini memiliki tenaga 562 tenaga kuda, cukup untuk mentenagai dua truk tronton. Meski begitu, mesin ini lebih irit dibanding Ferrari F430 yang digantikan. Ferrari F430 "hanya" memiliki tenaga 483 tenaga kuda.

Ferrari menyatakan bahwa Michael Schumacher, jagoan Formula 1 yang sudah tiga tahun pensiun tapi musim ini kembali membalap, ikut mendisain. Usulan Schumacher yang digunakan adalah semua instrumen kontrol, yang biasanya ada di dashboard, diletakkan pada kemudi.

Belum jelas berapa harga Ferrari yang mulai dijual pada 2010 itu. Tapi F430 yang digantikan, memiliki harga dasar US$188 ribu (Rp 1,8 miliar).NYT/NURKHOIRI

#Otomotif

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi