Honda Tertinggi dalam CSI JD Power
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Rabu, 5 Agustus 2009 21:26 WIB

TEMPO Interaktif, Jakarta - Honda berhasil meraih peringkat tertinggi dalam kepuasan pelanggan terhadap layanan purna-jual dealer resmi di Indonesia, berdasarkan Studi J.D. Power Asia Pacific 2009 Customer Service Index (CSI) SM yang dirilis awal pekan ini.

Studi yang didesain ulang di tahun 2009 ini, mengukur kepuasan pemilik kendaraan baru terhadap proses layanan purna-jual dengan memeriksa kinerja dealer pada lima faktor. Diurutkan berdasarkan tingkat kepentingannya, faktor-faktor tersebut adalah: kualitas servis, pengambilan kendaraan, inisiasi servis, fasilitas servis dan petugas pelayanan servis. Kinerja pelayanan pelanggan dilaporkan sebagai nilai indeks dalam skala 1.000 poin.

Di antara sembilan merek yang diikutsertakan dalam studi tahun 2009 ini, Honda meraih peringkat tertinggi dengan nilai keseluruhan CSI 751 dan memperoleh nilai yang relatif tinggi dalam empat dari lima faktor: pengambilan kendaraan, inisiasi servis, fasilitas servis dan petugas pelayanan servis. Toyota yang memperoleh nilai sangat baik untuk faktor kualitas servis, berada di peringkat kedua dengan nilai CSI 749. Sementara itu, Isuzu menduduki peringkat ketiga dengan nilai 747.

Studi 2009 Indonesia Customer Service Index (CSI), yang memasuki tahun kesembilan, mengukur secara keseluruhan kepuasan pemilik kendaraan yang mengunjungi dealer atau pusat servis resmi untuk perawatan atau perbaikan dalam 12 sampai 24 bulan masa kepemilikan.

Studi ini berdasarkan respon dari 2.673 pemilik kendaraan baru yang membeli kendaraan mereka antara Februari 2007 dan Mei 2008 dan membawa kendaraan mereka untuk servis di dealer atau pusat servis resmi antara Agustus 2008 dan Mei 2009. Kerja lapangan untuk studi ini dilaksanakan antara Februari dan Mei 2009.

RAJU FEBRIAN 

#Otomotif

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi