Mitsubishi Perkenalkan Varian Terbaru, Fuso Colt Diesel
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Rabu, 12 Agustus 2009 23:01 WIB
TEMPO Interaktif, Jakarta - Melengkapi agenda tahunannya, Truck Campaign, pada 2008 ini PT Kramayudha Tiga Berlian Motors memperkenalkan varian terbaru colt diesel yang akan dipasarkannya, yaitu Mitsubishi Fuso Colt Diesel Super HD. Peluncuran varian terbaru itu, sekaligus menandai optimisme Agen Tunggal Pemegang Merek (ATPM) Mitsubishi di Indonesia itu, terhadap prospek penjualan produknya di Indonesia pada semester dua 2008 ini.

"Perolehan market share sebesar 61 persen pada segmen light truck berhasil diraih Krama Yudha Tiga Berlian di semester pertama 2009. Dengan capaian itu, kami optimistis akan tetap memimpin pasar kendaraan niaga di Indonesia. Kami juga yakin, pada semester dua tahun ini, perekonomian Indonesia akan semakin baik," papar Fumio Kuwayama, Presiden Direktur KTB, saat memberikan sambutan pada malam Truck Campaign Mitsubishi, di Jakarta Convention Center, Selasa (11/08) malam.

Fuso Colt Diesel diposisikan sebagai kendaraan untuk medan berat, dengan spesifikasi yang ditingkatkan. Misalnya, suspensinya diperkokoh dengan cara menambah jumlah leaf spring atau per daun. Pada bagian depan, jumlah per daun menjadi tujuh lembar, sementara dibagian belakang 11 lembar per utama dan 9 lembar helper. Dengan demikian, kemampuan untuk menahan beban berat juga bertambah, terutama saat melintasi medan off road. 

Sementara, untuk memudahkan pengemudi serta menjaga performa kendaraan, truk varian terbaru di keluarga Mitsubishi ini juga dilengkapi tachometer. Piranti ini berfungsi untuk mengontrol penyelerasan antara putaran mesin dengan kecepatan kendaraan sehingga konsumsi bahan bakar lebih efisien, namun tenaga yang dihasilkan tetap optimal.

Truk bermesin 136 PS tipe 4D34 Turbo Intercooler berstandar Euro2 ini, juga dilengkapi new injection pump. Selain itu, dengan konsep baru yaitu aman dan nyaman, chasis dipertebal. Sistem pengereman yang menggunakan tromol dan exhaust brake juga dikembangkan. Sementara di bagian roda, baut roda ditambah menjadi enam sehingga membuat roda semakin kokoh.

Pada bagian kabin, tempat duduk dilengkapi dengan seat adjuster sehingga memudahkan pengaturan posisi duduk agar lebih nyaman. Dua sabuk pengaman menambah aspek keamanan bagi pengemudi dan penumpang disebelahnya.

Varian ini, juga dilengkapi Tit da telescopic steering sehingga memudahkan dalam pengaturan posisi kemudi sesuai dengan postur tubuh pengemudi. Ruang kabin juga lebih leluasa, karena tuas transimisi dipasang menyatu dengan dashboard. Kenyaman semakin lengkap dengan hadirnya radiotape.

Kuwayama menjelaskan, kendaraan niaga Mitsubishi terdiri dari dua tipe dasar, yaitu Colt Diesel untuk light truck dan Fuso untuk medium truck. Kedua tipe tersebut telah berkembang sesuai dengan kebutuhan dan permintaan pasar. 

ARIF ARIANTO

#Otomotif

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi