Chevrolet Volt, 1:100 Liter/km?
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Rabu, 12 Agustus 2009 23:17 WIB
Direktur Eksekutif General Motors, Fritz Henderson, memperkenalkan Chevrolet Volt, mobil listrik yang menggunakan bahan bakar 1 liter untuk 100 kilometer di GM's Warren Technical Center, Warren, Michigan, Selasa (11/8). (REUTERS/Rebecca Cook)
TEMPO Interaktif, Michigan - General Motors mengumumkan hasil uji coba terbaru Chevrolet Volt. Mobil listrik andalan pabrikan Amerika ini diklaim hanya butuh bahan bakal satu galon untuk 230 mil (3,7 liter untuk 370 km).

Dalam keterangannya disebutkan mobil ini bisa menempuh Los Angeles ke Las Vegas yang berjarak 383 km hanya dengan satu galon bahan bakar seharga US$ 3 atau kurang dari Rp 30 ribu.

Kalau di Indonesia, kita bisa pulang pergi Jakarta-Bandung via tol Cipularang dengan menggunakan 3 liter Pertamax seharga hanya Rp 18 ribu!

Klaim GM ini didasarkan atas pengujian berdasarkan standar Enviromental Portection Agency (EPA). Umumnya pabrikan mobil tidak pernah mengungkapkan jarak tempuh untuk kendaraan kendaraan listrik. Namun, Nisaan pekan lalu menyebutkan kendaraan listrik mereka, Leaf, yang akan dilansir 2010 bisa menggunakan 367 mil per galon (590 km) juga dengan standar EPA.

Direktur Eksekutif GM, Fritz Henderson, mengatakan Volt bisa menempuh jarak 100 mil (160 km) hanya dengan satu galon bahan bakar. Rencananya GM akan mengembangkan kemampuan Volt. Nantinya mobil yang akan dilansir akhir tahun 2010 ini bisa menempuh 40 mil (63 km) hanya dengan menggunakan baterainya.

REUTERS | RAJU FEBRIAN

#Otomotif
#Chevrolet

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi