Lebaran 2009, Bridgestone Targetkan Kenaikan Penjualan 40 Persen
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Jumat, 21 Agustus 2009 14:41 WIB
Ban Bridgestone
TEMPO Interaktif, Jakarta:Menghadapi lebaran 2009 kali ini PT Bridgestone Indonesia mentargetkan penjualan produknya meningkat 30 sampai 40 persen. Optimisme didasari semakin berkembangnya kesadaran masayarakat menggunakan produk-produk Bridgestone.

bridgestone“Segmen market kami itu sudah pasti. Kami mempunyai segmen market yang pasti atau captive market. Selain itu dengan beberapaa kampanye yang kami gelar ada peningkatan brand awareness Bridgestone di masyarakat, sehingga lebaran kali ini kami targetkan ada peningkatan 30 sampai 40 persen dari penjualan biasanya,” tutur John Arsjad, Direktur Pemasaran PT Bridgestone Indonesia kepada Tempo di Jakarta, Jumat (21/08).

Arsjad menambahkan meski mentargetkan ada peningkatan penjualan namun pihaknya tidak akan menaikkan harga jual eceran. Pasalnya, selain memiliki captive atau segmen pasar yang ketat, penguasaan pasar Bridgestone Indonesia juga cukup besar.

“Market share kami secara total penjualan ban di pasar domestik mencapai 35 persen. Di pasar ban radial kami menguasai 42 persen. Oleh karena itu kami harus tetap menjaga apa yang telah kami raih selama ini,” tandas John.

John menyebutkan pihaknya juga menggelar promo khusus pada lebaran kali ini. Alasannya, program promo sudah dilakukan secara rutin pada hari biasa. Di antaranya program pemeriksaan ban secara gratis, konsultasi dan dialog tentang kualitas ban yang aman bagi kendaraan.

Meski demikian John mengakui dibanding merek lain ban produknya berharga relatif lebih mahal. “Produk kami memang mahal karena material bahan yang kami pakai juga berkualitas tinggi. Karena kami mementingkan dan megutamakan faktor keamanan dan keselamatan, tapi alhamdulillah kesadaran masyarakat tentang hal ini juga terus tumbuh. Terbukti permintaan terhadap produk kami juga terus meningkat,” papar John tanpa merinci peningkatan permintaan tersebut.

Sementara itu beberapa gerai penjualan ban yang dipantau Tempo menyatakan belum ada peningkatan permintaan ban yang signifikan sebulan menjelang lebaran ini. “Sampai hari ini penggantian ban di tempat kami masih biasa saja. Paling sehari empat sampai enam ban per hari,” ungkap Stefanus, manajer bengkel Jaya Motor Cipondoh.

Hal serupa juga diungkapkan oleh Agus Angiawan, Store Manager Jaya Auto Ban di kawasan Jalan Veteran Bintaro. Menurut Agus meski ada peningkatan perintaan penggantian ban sejak sepekan ini namun belum bisa dikatakan cukup signifikan. “Biasanya permintaan melonjak dua pekan sebelum lebaran. Sebab tahun lalu juga seperti itu,” tandas Agus.

ARIF ARIANTO

 

#Otomotif

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi