Nissan All New Teana: Tak Hanya Andalkan Harga
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Minggu, 23 Agustus 2009 22:45 WIB
Nissan All New Teana yang menjadi andalan baru PT Nissan Motor Indonesia di kelas medium sedan. (Dok. Nissan)

TEMPO Interaktif, Jakarta - Selama ini pasar medium sedan menjadi milik Honda Accord dan Toyota Camry. Memang ada pesaing lain yaitu Mazda6, namun masih sulit menggusur dua nama di atas. Nah, kini ada pendatang baru yang diklaim siap merebut pasar yaitu Nissan All New Teana.

Sedan yang dilansir PT Nissan Motor Indonesia (NMI) sebenarnya tidak baru-baru amat. Teana sudah diperkenalkan di Indonesia sejak 2004. Lalu apa yang membuat NMI yakin dengan jualannya kali ini?

Jawabannya (salah satunya) adalah harga jual. Yup, NMI melansir Teana di angka Rp 475 juta. Banderol ini jauh jauh berbeda dibandingkan varian bermesin 2.4 liter milik Accord maupun Camry. Dari tiga model Accord bertransmisi otomatis dijual (VTi, SE, dan VTi-L) dijual di kisaran Rp 438 sampai Rp 477 juta. Sedangkan dua model Camry (2.4 G dan 2.4 V) dilansir di angka Rp 457,9 juta dan Rp 485,4 juta.

Tapi apakah hanya itu yang bakal diandalkan Nissan? Jelas tidak. "Banyak perubahan dilakukan di Teana terbaru ini. Ada lima selling point baru yang meliputi desain, performa, kenyamanan, fitur dan safety," kata Teddy Irawan, Deputy Director National Sales & Promotion PT NMI.

Dari segi tampilan, banyak perubahan yang dilakukan pada Teana baru ini. Mulai dari headlamp dengan desain baru, lampu xenon, lampu kombinasi belakang yang dipasangi LED, desain front bumper, rear bumper, front grill, serta side molding yang juga baru.

Gubahan di sektor kenyamanan juga dilakukan. Yang terbaru adalah penggunaan suspensi Mc Pherson Strut di bagian depan dan Multilink untuk kenyamanan penumpang di belakang. 

Dapur mesin juga menjadi daya jual All New Teana. Maklum, mesin berkode VQ25DE berteknologi V6, DOHC, 24 Valve, CVTC ini kapasitasnya dinaikkan menjadi 2.500 cc dari sebelumnya yang hanya 2.300cc. Tentu saja peningkatan ini berpengaruh pada performa yang dihasilkan. Teana baru mampu menggelontorkan tenaga maksimal 182,2 PS di 6000 rpm dan torsi hingga 228 Nm di 4.400 rpm.

Guna menunjang performa mesin, Nissan memasang teknologi CVT (Continuously Variable Transmission)khas Nissan yang disebutnya Xtronic. CVT Nissan dilengkapi torque converter, seperti transmisi otomatik konvensional.

Sistem dilengkapi pula dengan adaptive shift control (ASC). Dengan fitur ini, transmisi akan melakukan perpindahan gigi secara otomatis sesuai dengan gaya setiap pengemudi. Caranya, cukup menekan tombol yang berada di depan tongkat transmisi.

"Teana mengandalkan mesin V6 dan kelebihan fitur yang lebih banyak dibandingkan kompetitor. Konsep All-New Teana adalah Modern, Luxury dan Relax," kata Teddy.

Tinggal pembuktiannya ya, Pak...

SPESIFIKASI

Mesin: V6, DOHC, 24 Valve, CVTCKapasitas: 2.496 ccTenaga: 134 kW (182 ps) @ 6.000 rpm Torsi: 228 Nm (23.2 kgm) @ 4.400 rpm Transmisi: XTRONIC CVTDimensi (pxlxt): 4.850 x 1.795 x 1.485 mmWheelbase: 2.775 mmSistem suspensi: Independent McPherson Strut (depan); Multi-link independent (belakang)Sistem rem: Ventilated Disc (depan); Solid Disc (belakang)Harga: Rp 475 juta

ARIF ARIANTO | RAJU FEBRIAN 

#Otomotif

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi