Honda Seragamkan Harga Suku Cadang  
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Jumat, 28 Agustus 2009 10:29 WIB
Dok: Honda
TEMPO Interaktif, Jakarta:Sejak 1 Agustus lalu, PT Honda Prospect Motor (HPM) yang merupakan Agen Tunggal Pemegang Merek (ATPM) Honda di Indonesia memberlakukan kebijakan satu harga (one price policy) untuk semua produk suku cadang resminya. Guna mendukung kebijakan tersebut, PT HPM telah memfungsikan gudang suku cadang baru di kawasan industri Karawang, Jawa Barat.

Kepuasan pelanggan merupakan tujuan utamadari setiap usaha yang dilakukan Honda, antara lain dengan memastikan ketersediaan suku cadang yang berkualitas dengan harga yang terjangkau,” papar Yukhiro Aoshima, Presiden Direktur PT HPM saat memberi sambutan pada acara Mid Year Media Gathering dan buka bersama, di Jakarta, Kamis (27/08).

Yukhiro menandaskan, dengan kebijakan itu, konsumen akan mendapatkan kepastian bahwa suku cadang yang mereka dapatkan adalah suku cadang asli Honda dengan harga yang sama di seluruh wilayah Indonesia. “Ketersediaan suku cadang ini bisa terjamin karena adanya gudang suku cadang dengan sistem delivery yang baru,” akunya.

Sementara itu Jonfis Fandy, Direktur Pemasaran dan Layanan Purnajual PT HPM, menjelaskan, kendati lokasi masing-masing dealer atau toko suku cadang berjauhan yang tersebar di berbagai wilayah Indonesia namun hal itu tidak menyebabkan perbedaan harga jual suku cadang.

Pasalnya, sebut Jonfis, PT HPM telah membuat strategi baru yaitu seluruh dealer yang ada di satu wilayah berkoordinasi untuk memastikan jumlah dan jenis suku cadang yang mereka butuhkan.Selanjutnya mereka secara bersama-sama mengajukan permintaan ke PT HPM dan menggunakan armada transportasi yang sama.

Honda CRVSehingga ongkos angkut dan harga suku cadang jauh lebih murah, karena diajukan dalam partai besar dalam waktu yang sama dan diangkut secara bersamaan di moda transportasi yang sama,” terang dia.

Jonfis menyebut, untuk memastikan suku cadang lebih cepat dikrimkan ke dealer dan sampai kepada pelanggan, PT HPM juga mulai memberlakukan perubahan sistem pengiriman. Saat ini, lanjutnya, suku cadang langsung dikrim oleh HPM ke masing-masing dealer berdasar wilayahnya baik melalui jalur darat maupun udara.

Sistem delivery baru ini dapat mempersingkat waktu rata-rata dua hari per pengiriman dibanding sebelumnya. Sistem baru ini melengkapi fasilitas yang ada sdebelumnya yaitu 12 month parts warranty,” ujar Jonfis.

Menyinggung peranan gudang baru dalam sistem pengiriman suku cadang, Yukhiro mengatakan, gudang baru seluas 10.080 meter persegi itu, selain dilengkapi warehouse juga conveyor system, electric forklift, order picker, serta reach truck. “Dengan dukungan kapasitas ruang, maupun teknologi canggih itu maka operasional gudang suku cadang juga semakin efektif dan efisien. Hasilnya, pengiriman suku cadang juga lebih cepat,” tegas Yukhiro.

ARIF ARIANTO | RAJU FEBRIAN

#Otomotif

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi