Proton Siap Hadirkan New Exora
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Minggu, 13 September 2009 20:17 WIB
PT Proton Edar Indonesia siap melansir New Proton Exora akhir tahun ini. Sepanjang Agustus lalu, Exora terjual 82 unit. (Raju Febrian/TEMPO)
TEMPO Interaktif, Jakarta - Sentimen anti Malaysia ternyata tidak berpengaruh pada prestasi PT Proton Edar Indonesia (PEI). Pemegang merek asal Negeri Jiran itu bahkan siap mengembangkan pasarnya dengan menyiapkan New Exora akhir tahun ini.

Ricky HK Too mengatakan Proton melakukan perubahan cukup signifikan pada Multi Purpose Vehicle (MPV) andalannya itu. Exora baru ini memiliki konsep yang akan disesuaikan dengan kebutuhan konsumen di Indonesia.

"Kita sedang mempersiapkan Proton Exora yang akan mengejutkan. Kami juga menggandeng vendor lokal untuk produk ini," kata Ricky HK Too di sela-sela acara pemberikan sumbangan kepada tiga yayasan di Jakarta, akhir pekan kemarin.

Sejauh ini, Proton sudah memasukkan tiga varian Exora yaitu Exora Executive 1.6 M/T seharga Rp 175 juta, Exora Executive 1.6 A/T yang dibanderol Rp 185 juta, dan Exora Supreme 1.6 A/T seharga Rp 208 juta. Berapa harga jual New Exora ini? Baik Ricky HK Too dan Fransisco Sirait, National Sales Head PEI, belum mau mengungapkannya.

Sejak resmi diperkenalkan Juli lalu, Exora memang menjadi salah satu tulang punggung penjualan Proton di Indonesia. Berdasarkan data Gabung Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), total pejualan Exora selama dua bulan adalah 127 unit yang terbagi 82 unit di bulan Agutus dan 52 unit bulan Juli.

Sepanjang bulan Agustus lalu Proton menjual total 286 unit. Dari angka ini penjualan terbesar disumbangkan Gen2 Persona. Dari lima varian yang ada terjual sebanyak 157 unit atau melonjak hampir tiga kali lipat dari bulan Juli yang mencatat penjualan 51 unit.

Model Proton yang lain belum bisa banyak bicara. Proton Savvy terjual 25 unit, Gen2 13 unit, Proton Saga 5 unit, Neo 1 unit, dan Waja sama sekali tidak terjual meski di bulan sebelumnya laris sebanyak 52 unit.

RAJU FEBRIAN

#Otomotif

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi