Penjualan Skutik Honda Naik 54%
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Selasa, 15 September 2009 22:32 WIB
PT Astra Honda Motor mulai melejit dalam penjualan motor skutik. Sepanjang Agustus lalu Honda menjual 292.076 unit. (REUTERS/Supri)
TEMPO Interaktif, Jakarta - Penetrasi PT Astra Honda Motor (AHM) di pasar motor skutik perlahan namun pasti mulai menuai hasil. Pada Agustus penjualan skutiknya melambung 58,4%, jauh lebih tinggi dibandingkan segmen skutik yang hanya tumbuh 32,8%.

Sigit Kumala, Senior General Manager Marketing Motorcycle Division PT AHM, menyatakan sepanjang bulan Agustus lalu Honda mencatat penjualan 292.076 unit. Dari angka ini model skutik menyumbangkan sekitar 32%. Di segmen skutik, model terlarisnya adalah Beat yang bulan lalu terjual 48.682 unit, disusul Vario CW (34.471 unit), dan Vario Techno (10.415 unit).

Dijelaskan Sigit, permintaan motor skutik Honda terus mengalami peningkatan setiap bulan dengan pertumbuhan yang fantastis. Pencapaian di bulan Agustus merupakan angka penjualan tertinggi sejak Honda masuk ke segemen motor skutik ini.

“Pada bulan lalu penjualan skutik kami melonjak 58,4% dibandingkan Agustus tahun lalu. Pertumbuhan ini melampaui penjualan segmen skutik yang hanya tumbuh 32,8%,” ungkap Sigit.

Lonjakan penjualan pada bulan Agustus ini mengantarkan Honda untuk mendekati posisi puncak di segmen skutik yang saat ini dikuasai oleh merek lain. Total penjualan skutik Honda selama delapan bulan pertama tahun ini tercatat 499.724 unit. Hingga Agustus pangsa pasar Honda di segmen skutik telah mencapai 36,5% dari seluruh angka penjualan motor skutik nasional yang mencapai 1.370.484 unit.

Sigit optimistis Honda dapat segera merebut posisi puncak segmen skutik dalam waktu dekat seiring upaya perusahaan untuk meningkatkan produksi tipe motor ini. “Kami optimistis dapat segera memimpin segmen skutik, seperti kami mampu menguasai pasar motor nasional secara keseluruhan,” ujarnya.

AHM telah berupaya menaikkan kapasitas produksi skutiknya sejak Juli seiring meningkatnya permintaan di segmen ini. Sigit mengungkapkan permintaan Vario Techno per bulan saat ini 12.500 unit sementara kemampuan perusahaan hanya mampu memasok 10.500 unit.

RAJU FEBRIAN

#Otomotif

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi